PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SMP BERBASIS MOODLECLOUD PADA MATERI HIMPUNAN

Aryani Aryani, Abdul Baist, Aji Raditya, Deky Endang R

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa moodlecloud pada bahasan materi himpunan matematika SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, and disseminate) yaitu 1) define untuk menentukan tujuan, 2) design merupakan perencanaan untuk membuat rancangan media, 3) develop adalah pengembangan media, dan dilakukan uji validasi ahli materi berjumlah 1 orang, ahli media berjumlah 1 orang, dan 35 siswa, 4) disseminate adalah penyebar luasan produk melalui situs web. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Pembelajaran dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Rencana penelitian ini adalah : 1) Pengembangan bahan ajar berbasis moodlecloud melalui 4 tahap yang meliputi pengumpulan pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. 2) Berdasarkan penilaian dari validator ahli pendidik, dan ahli media, yang dikembangkan memiliki tingkat pemahaman dengan kriteria sangat layak. 3) Respon siswa terhadap bahan ajar berbasis moodlecloud yang dikembangkan memiliki kualitas dengan krikteria sangat layak.


Full Text:

PDF

References


Chick, R. C., Clifton, G. T., Peace, K. M., Propper, B. W., Hale, D. F., Alseidi, A. A., & Vreeland, T. J. (2020). ARTICLE IN PRESS Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic. Journal of Surgical Education https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2020.03.018

Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Effendi, H. &. (2018, september 18). Learning Management System Berbasis Cloud sebagai alternatif Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama. Retrieved januari 9, 2020, from http://tip.ppj.unp.ac.id, Vol_11_No2

Hardiyanto, R. &. (2016). Pengembangan dan Implementasi E-Learning Menggunakan Moodle dan Vicon untuk Pelajaran Pemrograman Web di SMK. Retrieved januari 10, 2016, from Hardiyanto, R.H & Herman Dwi Surjono. (2016) Pengembangan dan Implementasi E-Learning Menggunakan Moodle dan Vico http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv,_Vol_6_No1

Irianti, N. P. (2017, maret). Pengembangan media pembelajaran E-learning berbasis Moodle pada Pokok Bahasan Lingkaran kelas VIII SMP. Retrieved januari 11, 2020, from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/download/1175/1014,_Vol_5_No2.

Ismar, Z. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Turunan Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Scheme). tangerang: Ismar, Z. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Turunan BerdasarUniversitas Muhammadiyah Tangerang.

Lepiyanto, A. &. (n.d.). LepiPengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terintegrasi Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Materi Ekosistem. Retrieved januari 11, 2020, from Jurnal Pendidikan Biologi:1-5: http://fkip.ummetro.ac.id/jounal/index.php/boilogi/article/viewFile/344/299

Marsa, A. &. (2019). Website Media pembelajaran Matematika Berbasis Moodle Platform. Retrieved januari 10, 2020, from Marsa, A.R., & Yunita, R (2019). “Website Media pembelajaran Matemati http://JOISIE.ac.id._Vol_3_No1

Meliana, D. (2017). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X TKJ. Retrieved maret 20, 2020, from Meliana, D. 2017. Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajara http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/21522,_Vol_2_No1

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: CV. Alfabeta.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Saraswat, S. (2014, may). Customization and Implementation of LMS Moodle. Retrieved maret 20, 2020, from http://www.academia.edu/10175615/coustomization_and-implemention_of_LMS_Moodle.Vol_4_Issue5

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Susilana, R. &. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Thabit, W. (2013). Blended learning approach using moodle and student’s achievement at Sultan Qaboos University in Oman. Retrieved maret 21, 2020, from http://dx.doi.org/10.5539/jel.Vol_2_No3,pp:96

Widoyoko, E. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zrakic, e. a. (2012). Providing adaptivity in moodle LMS Courses. Retrieved maret 11, 2020,from http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.231.7146&rep=rep1&type=pdf.15(1),326-338.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6861

Article Metrics

Abstract - 282 PDF - 133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.