PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN

Deky Endang R, Sigit Raharjo, Nisvu Nanda Saputra, Aryani Aryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada perangkat materi dengan menggunakan video pembelajaran. Penelitian ini merupaka penelitian dan pengembangan (R&D). Model digunakan untuk mengadaptasi model yang dikembangkan oleh sugiyono, tetapi tidak untuk mementaskan produk massal. Subjek yang diuji dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs nurul Falah Kutabumi tahun ajaran 2019/2020. Hasil validasi bahan ajar memperoleh nilai rata’’ sebesar 82,14%. Hasil belajar uji coba skala kecil adalah 84 dan hasil belajar sekala besar adalah 84,33%. Sehingga materi pembelajaran berbasis kontekstual pada perangkat materi bangun ruang dengan berbantuan video sangat layat digunakan dalam pembelajaran. 


Full Text:

PDF

References


Agus, Pribadi Beni dan Padmo putri, Dewi (2019): Pengembangan bahan ajar. Universitas Terbuka.

Ariani dan Haryanto. (2010): jurnal pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual pada materi himpunan berbantuan video pembelajaran.

Prastowo, Andi. (2012). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif: menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. DIVA Press.

Sugiyono. (2019) : Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sujana, Atep dan Wahyu Sopandi, Paed. (2020). Model – model pembelajaran inovatif: teori dan implementasi. Rajawali Pers.

Supardi dan Riyana. (2012) pengembangan bahan ajar struktur Atom berbsis kontekstual pada mata pelajaran kimia di SMA skrisp: NLM Siregar (2016)

Yamin, Martinis. (2013): Paradigma baru pembelajaran. Referensi.

Yuberti. (2014): Teori pembelajaran dan pengembangan bahan ajar dalam pendidikan. Anugrah Utama Raharja.

Zaiful R, Nanda Moh., Halimatus Sa’diyah Dan Nanda Septiana (2019): Ragam Media Pembelajaran. Literasi Nusantara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6862

Article Metrics

Abstract - 274 PDF - 191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.