PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 10 PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif matematika berbasis android dengan menggunakan Ispring Suite 10 pada materi aritmatika sosial untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 7. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif matematika berbasis android pada materi Aritmatika Sosial dengan menggunakan Ispring Suite 10 yang layak digunakan secara masal melalui uji coba pada siswa SMP kelas 7. Media ini menggunakan metode pengembangan dari ADDIE. Media ini juga di uji dengan metode checklist oleh ahli materi dan ahli media, kemudian diuji coba kepada 9 siswa kelas 7 SMP Negeri 5 Kediri dengan menggunakan angket untuk menguji kualitas Teknik dari media. Dari hasil pengujian checklist yang dilakukan ahli media mendapatkan skor sebanyak 66% yang masuk dalam kategori Valid dan Layak Dengan Revisi Kecil. Dari hasil pengujian checklist yang dilakukan ahli materi mendapatkan skor sebanyak 84% yang masuk dalam kategori Valid dan Layak Tanpa Revisi. Sedangkan dari respon uji coba lapangan untuk kriteria kepraktisan juga telah dipenuhi dengan penilaian dari guru sebesar 90% dengan kategori Sangat Praktis, dan kriteria kepraktisan juga telah dipenuhi dengan penilaian dari siswa uji terbatas sebesar 90,99% dengan kategori Sangat Praktis. Tampilan dari media ini perlu di sempurnakan dengan penampilan yang lebih unik dan menarik yang relevan dengan materi aritmatika sosial. Sebagai tindak lanjut dari penelitian ini perlu dilakukan uji coba untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap media pembelajaran interaktif yang dibuat.
Full Text:
PDFReferences
Anjelina, S., Mardiah, N. A., Putri, Q. T., Sari, K., & Farman, F. (2021). Kelayakan instrumen
Ariyanti, D. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Jurnal Education and
Cahyanti, A. D. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Matematika dengan Ispring
development, 8(2), 381-381.
Cahyanti, A. D., Farida, F., & Rakhmawati, R. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Berupa Tes
Fuad Ihsan, H. (1997). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hestari, S. (2016). Validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran papan magnetik
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran
Larassaty, O. (2022). Pengembangan Media Berbasis Android Berbantuan Aplikasi iSpring Suite
Model Pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation)
Media Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Fungsi, Kriteria, dsb - serupa.id. (n.d.). Retrieved July 5, 2022, from https://serupa.id/media-pembelajaran/
Milala, Hendi Frata; Endryansyah; Joko; Agung, A. I. (2022). Keefektifan Dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player. Jurnal Pedidikan Teknik Elektro, 11(02), 195–202.
Muhibbin, S. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja
Ninawati, M., Burhendi, F. C. A., & Wulandari, W. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis
Online/Offline Matematika dengan Ispring Suite 8. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 363-371.
pada materi mutasi gen (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
pada MateriGeometri Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Takalar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(1), 190-197.
penilaian berbasis ispring suite pada materi pola bilangan. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 93-99.
Rosdakarya.
Software iSpring Suite 9. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 47-54.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 Pada Materi Perwasitan Matakuliah Teori dan Praktek Bola Voli 1 Tahun Akademik 2018/2019 | Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya. (n.d.). Retrieved July 5, 2022, from http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/paradigma/article/view/559
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN POWERPOINT DAN ISPRING QUIZMAKER PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS | Maryana | Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. (n.d.). Retrieved July 5, 2022, from https://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1455
S., Listiadi, A., Akuntansi, P., & Surabaya, U. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ispring Suite 10 Berbasis Android pada Materi Jurnal Penyesuaian di SMK. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2116–2126. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2288
Suite 8 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
tematik kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1-11.
Walid, M. I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis GEOGEBRA dengan
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6863
Article Metrics
Abstract - 2362 PDF - 1735Refbacks
- There are currently no refbacks.