LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK ARITMATIKA SOSIAL

Febry Nursalia, Yenni Yenni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid ditinjau dari tiga aspek yaitu kompenen kelayakan isi, kompenen kebahasaan dan kompenen penyajian. Desain pengembangan menggunakan prosedur ADDIE. Terdapat lima tahap yaitu, tahap analisis, merancang, pengembangan, evaluasi dan penyebaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar validasi pakar dan angket respon siswa. Angket respon siswa diberikan kepadam30 siswa kelas VII Daarul Muqimien sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan LKS termasuk kategori valid dengan total skor rata-rata 134,5. Kompenen kelayakan isi dalam kategori baik dengan total skor rata-rata 68,5, kompenen kebahasaan dalam kategori baik dengan total skor rata-rata 30,0 dan kompenen penyajian dalam kategori baik dengan total skor rata-rata 36,0. Respon siswa terhadap LKS terkategorikan respon positif dengan skor 62,17 dari skor maksimal ideal 80.


Full Text:

PDF

References


Adinawan, M. C. (2017). Matematika Untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Akhadiah, S., Arsjad, M. G., & Ridwan, S. H. (2016). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.

Antonia, O. E. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Aritmatika Sosial.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa.Bandung: PT Refika Aditama.

Herdiman, I. (2017). Penerapan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Penalaran Matematik Siswa Smp . JES-MAT, Vol. 3 No.2 , 195-204.

Mulyana, A., & Sumarmo, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung Vol. 9 No. 1 , 40-51.

Mustikasari, Zulkardi, & Aisyah, N. (2010). Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Di Sekolah Menengah Pertama.Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4 No.1 , 45-60.

Turmudi. (2008).Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika. Jakarta Pusat: PT Leuser Cita Pustaka.

Widayanti, E., & Kolbi, I. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal TIMSS Untuk Kategori Penalaran. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika) Vol. 3 No. 2 , 76-85.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6864

Article Metrics

Abstract - 288 PDF - 169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.