ANALISIS KESALAHAN SISWA SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH PECAHAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pecahan. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan empat metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas empat yang memiliki jenis kesalahan yang berbeda. Selanjutnya, uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Pada penelitian ini, kesalahan siswa dikelompokkan berdasarkan kategori kesalahan Newman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa setiap subjek penelitian melakukan kesalahan awal yang berbeda-beda. Kesalahan awal yang dilakukan subjek penelitian menyebabkan terjadinya kesalahan berikutnya pada tahapan kesalahan menurut Newman. Adapun kesalahan yang banyak dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan dalam mentransformasikan masalah dan kesalahan dalam keterampilan proses.
Full Text:
PDFReferences
Andriani., Ikhsan, M., & Anshari, B.I. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Motivasi Siswa melalui Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Menggunakan Game Matematika Online. Jurnal Didaktik Matematika, (Online), Vol. 3 (1)
Clements, M.A., Ellerton, N.F. (1996). The Newman Procedure for Analysing Errors on Written Mathematical Tasks. Retrieved March.
Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, (Online), Vol. 4 (2)
Fatahillah, A., Wati, Y.F. & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, (Online), Vol. 8 (1) .
Fatqurhohman. (2021). Characteristics of Students In Resolving Word Problem Bases on Gender. Journal of Education and Learning Mathematics Research, (Online), Vol. 2 (1).
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hayati, S. (2017). Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.
Rahmawati, D. & Permata, L.D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, (Online), Vol. 5 (2).
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6865
Article Metrics
Abstract - 512 PDF - 320Refbacks
- There are currently no refbacks.