PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E – LKPD) BERBANTUAN LIVEWORKSHEET

Adien Maulidya Vonna, Nisvu Nanda Saputra, Hairul Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis kontekstual Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbantuan Liveworksheet dan mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan. Pengembangan berbasis kontekstual E-LKPD berbantuan Liveworksheet ini menggunakan tahapan model pengembangan ADDIE yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan produk (design), tahap pengembangan produk (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Uji coba produk dilakukan di SMPN 14 Tangerang dengan melakukan penelitian di kelas VII-H sebanyak 32 peserta didik dengan menggunakan E-LKPD hasil validasi oleh 2 ahli. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh dari analisis kevalidan yaitu ahli media dan materi mendapat hasil rata–rata 3,8625 dengan kriteria “Layak”. Penilaian dari analisis kepraktisan yaitu skor total dari respon peserta didik dan guru yaitu 3,476 dengan kriteria “Sangat Praktis”. Hasil Nilai N-Gain menunjukkan rata–rata 0,5 dengan kiteria “Sedang”. Kesimpulan dari penelitian pengembangan media pembelajaran ini E-LKPD dikatakan layak, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan.


Full Text:

PDF

References


Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, September, 122–130. http://eprints.uad.ac.id/21216/1/12. Novi Andriyani-PGSD %28122- 130%29.pdf

Anggraini, R. H. (2018). Implementasi Klasifikasi Media dalam Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1(1), 221.

Farkhati, A. dan S. S. S. (2019). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kimia Berbantuan E-Lkpd Terintegrasi Chemoentrepreneurship Untuk Menganalisis Soft Skill Siswa. Chemistry in Education, 8(2), 24–28.

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2),0–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Deepublish Publisher.

Pranata, N., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL Pendekatan Kontekstual ( Contextual. 1(3), 236–244.

Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3817

Saiful Sagala. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. BioEdu, 10(3), 605–616.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6866

Article Metrics

Abstract - 1802 PDF - 1764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.