PROFIL MAHASISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI LIMIT BARISAN PADA MATA KULIAH KALKULUS PEUBAH BANYAK

Listy Vermana, Niniwati Niniwati, Fazri Zuzano, Susi Herawati

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada banyaknya mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta yang gagal menyelesaikan soal Ujian Tengan Semester Kalkulus Peubah Banyak tentang limit barisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil mahasiswa tentang: 1) persepsi terhadap materi limit barisan, 2) faktor penyebab kegagalan dalam menyelesaikan soal Ujian Tengan Semester tentang limit barisan, dan 3) bentuk pembelajaran yang diharapkan ketika mempelajari materi limit barisan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subyeknya adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta yang mengambil mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak Tahun Ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan adalah angket terbuka. Hasil penelitian menunjukkan: 1) mahasiswa paling dominan berpresepsi materi limit barisan sulit dipahami (85%), 2) faktor paling dominan penyebab mahasiswa gagal menyelesaikan soal Ujian Tengah Semester adalah karena mereka bingung harus menggunakan penyelesaian yang mana (35%), dan 3) bentuk pembelajaran yang paling diharapkan mahasiswa adalah dijelaskan oleh dosen dan banyak melibatkan mahasiswa (40%).


Full Text:

PDF

References


Adijaya, N. & Pertiwi, R. (2017). Persepsi Mahasiswa terhadap Materi Ajar pada Pembelajaran Online. Jurnal Eduscience, Vol. 3, No. 1. 49-53. Diambil 19 Juni 2022 dari https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/1978/1769

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell. (2014). Risearch Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Hendra, Faisal. (2016). Persepsi Mahasiswa Terhadap Proses Pembelajaran Kemahiran Bahasa. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, Vol. 3, No. 4. 297-309. Diambil 19 Juni 2022 dari https://eprints.uai.ac.id/1647/1/ILS0097-21_Isi-Artikel.pdf

Hodiyanto. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa semester v dalam mengerjakan soal pengantar analisis real. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, Vol. 5,No. 1, 33–44.

Mirna, W. & Nursalam. (2022). Adaptasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Responsif dalam Pembelajaran Menulis Puisi Melalui Metode Media Lagu. Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 11, No. 1. 1-15. Diambil 19 Juni 2022 dari https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/viewFile/3544/1807

Nugraheni. L. & Rahayu, S.(2014). Analisis Kesalahan Mahasiswa UNIPA Surabaya dalam Menyelesaikan Soal Limit Barisan. ICETA 5: Global Challenges and Reconstruction for Future Education. 220-228. Diambil 27 Juni 2022 dari https://karyailmiah.unipasby.ac.id/wp-content/uploads/2018/01/gdlhub-likninnugr-747-1-analisis-n.pdf

Pratiwi, F. A. (2016). Analisis miskonsepsi belajar mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pada mata kuliah analisis real pokok bahasan barisan bilangan real. Iqra’, Vol. 1, N0. 2, 33–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6867

Article Metrics

Abstract - 288 PDF - 235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.