STUDI LANJUT EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA Q.S AN-NUR

Nadya Febriani Meldi

Abstract


Penelitian deskriptif ini, mengungkap permodelan dan konsep matematika yaitu relasi simetri, kedudukan garis dan persamaan garis pada Q.S An-Nur: 24:26. Penelitian diangkat dari kesadaran adanya ketidakefektifan pembelajaran matematika berdasarkan Kemendikbud, dikarenakan pembelajaran tidak diawali dengan pemahaman awal siswa. Padahal, pembelajaran menjadi efektif jika berawal dari pemahaman awal siswa. Untuk siswa sekolah Islam, pengetahuan awal dapat diperoleh dari Al-Qur’an. Diakui struktur kognitif siswa  terintegrasi ayat Al-Qur’an. Sayangnya, sumber belajar matematika dan Al-Qur'an belum menjangkau semua materi matematika. Demikian, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh permodelan dan konsep matematika pada jenjang Sekolah Menengah melalui metode analisis Miles dan Huberman dipadukan dengan permodelan Blum dan Leib, serta teori abdussakir.


Full Text:

PDF

References


Abdussakir. (2006). ada matematika dalam al-Quran.

Cahya, I. N., & Ahmadi, M. F. (2020). Keterpaduan Konsep Operasi Bilangan Matematika dalam Al-Qur’an. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 79–81. www.darmawanari.wordpress.com.

Khalifa, R. (1973). MIRACLE OF THE QURAN: Significance of the Mysterious Alphabets, Islamic Productions, St. Louis, Missouri.

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499

Matematika, P., Itu, B., & Blum, W. (2017). Pemodelan Matematika : Bisakah Itu Diajarkan dan Dipelajari ?

Meldi, N. F., Nursangaji, A., & Suratman, D. (2022). E m c qs a -n. 7(1), 89–95.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

OECD. (1967). PISA 2021 MATHEMATICS FRAMEWORK (DRAFT). 2nd draft 32-40. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/pisa-2021-mathematics-framework-draft.pdf

Pebriansyah, Hamdani (2020) Eksplorasi Konsep Matematika secara Eksplisit dalam Al-Qur’an

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

W. Blum. (2011). “Can modelling be taught and learnt? Some answers from empirical research”. In Kaiser, G., Blum, W., Ferri, R., & Stllman, G. (Eds), Trends in teaching and learning of mathematical modelling, London: Springer, , pp. 15-30




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6868

Article Metrics

Abstract - 363 PDF - 272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.