GURU DAN MERDEKA BELAJAR
Abstract
Pendidikan bertujuan untuk memberikan perubahan tingkah laku dan mengembangkan kemampuan diri, untuk mencapai tujuan pendidikan diperlukan suatu system pendidikan yang disebut sebagai kurikulum, kurikulum yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mengatasi permasalah akibat pandemi covid-19 dan pemerataan pendidikan yaitu kurikulum merdeka, dalam implementasi kurikulum merdeka diperlukan sumberdaya yang memadai yaitu guru. Guru yang berprestasi dan professional adalah guru yang dapat melaksanakan pembeljaran dengan baik serta dapat mencapai tujuan dari pembelajaran serta kurikulum dengan baik, untuk membantu guru menjadi guru berprestasi dan professional diperlukan bantuan dan kerjasama dari semua stakeholder dari tingkat sekolah, pemerintah daerah, LPMP, P4TK serta pemerintah pusat, agar semua guru dapat kesempatan yang baik untuk mengembangkan potensi dan kemampuan dalam pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Bahasa, P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (D. Sugono (ed.); XVI). Pusat Bahasa. https://doi.org/978-979-689-779-1
Baru, K. K., & Suhandi, A. M. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Basic Edu, 6(4), 5936–5945.
Jojor, A., Sihotang, H., & Indonesia, U. K. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 ( Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan ). 4(4), 5150–5161.
Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis Situasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Di Sdn Senurus: Kemungkinan Terjadinya Learning Loss. Journal of Elementary Education, 04(03), 3.
Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI. 1(1), 24–44.
OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805-en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86
Ridha Aulia Putri, S. L. H. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6869
Article Metrics
Abstract - 1038 PDF - 931Refbacks
- There are currently no refbacks.