KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PADA PERKULIAHAN DARING BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Rika Sukmawati, Kus Andini Purbaningrum

Abstract


Masa pandemik covid-19 mengharuskan pembelajaran dilaksanakan di rumah dengan sistem pendidikan jarak jauh sehingga interaksi pendidik dan peserta didik dalam jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa saat perkuliahan daring berdasarkan kemandirian belajar. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskritif. Subjek penelitian mahasiswa semester I tahun akademik 2020/2021 sejumlah 30 orang menggunakan teknik simple random sampling pada Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tangerang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes tulis menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki kemandirian belajar kategori tinggi memiliki semua indikator kemampuan pemecahan masalah, mahasiswa yang memiliki kemandirian belajar kategori sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah pada tahapan memahami masalah, melakukan perencanaan, dan menyelesaikan perencanaan, tetapi belum mampu memeriksa kembali dan mahasiswa yang memiliki kemandirian belajar kategori rendah hanya mampu melakukan rencana dan menyelesaikannya kurang tepat


Full Text:

PDF

References


[NCTM]., T. N. C. of T. of M. (2000). Principles and standards for school mathematics (VA: The Na). Reston.

Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. Diambil dari https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Annajmi. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian. BSIS, Vol 1 No 2.

Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1688

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Asy’ari, A., & Rahimah, N. (2018). Pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan problem posing ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMPN 4 Banjarbaru. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 100–109. https://doi.org/10.33654/math.v4i2.87

Firdaus, F. (2020). Implementasi Dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 220–225. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1009

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Hermaini, J. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Minat Belajar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. Diambil dari http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Koroh, T. (2020). Respons Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Widyadewata : Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar, Volume 3, 54–59. Diambil dari https://widyadewata.bdkdenpasar.id/index.php/widyadewata/article/view/10/9

Kouvela, E., Hernandez-Martinez, P., & Croft, T. (2017). “This is what you need to be learning”: An analysis of messages received by first-year mathematics students during their transition to university. Mathematics Education Research Journal, 30(2), 165–183. https://doi.org/10.1007/s13394-017-0226-2

Negara, B. W. (2019). Analisi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Pendekatan Polya dalam Aspek Merencanakan (Vol. 8). Universitas Muhammadiyah Malang.

Nur, F. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Persamaan Linear dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas X MAN Lima Puluh TP. 2017/2018. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Siregar, Siska. M; Marzuki, Ahmad;Nasution, F. H., & Nasution, N. F. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Penerapan Teorema Pythagoras. MathEdu (Mathematic Education Journal), Vol. 4 . N, 71–79.

Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789

Sulistyani, D. R. Y. M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11, 1–12. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/317560-hubungan-kemandirian-belajar-dengan-kema-d9c023e1.pdf

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Utami, R. (2019). Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika., 498–502.

Woi, M. F., & Prihatni, Y. (2019). Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika The relation between independent learning with the result of math studying. Teacher in Educational Research, 1(1), 1–8. Diambil dari 3-21-1-PB.pdf

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6870

Article Metrics

Abstract - 199 PDF - 111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.