MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP DIIRINGI MUSIK KLASIK

Mutiara Indah Pratiwi, Prahesti Tirta Safitri, Desty Haswati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah matematika. Rendahnya hasil belajar siswa yaitu dikarenakan kurangnya pehamaman siswa dalam memahami materi matematika. Selain itu saat pembelajaran berlangsung siswa juga merasa bosan dan sulit berkonsentrasi. Diperlukan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memahami dan fokus terhadap materi. Dengan menggunakan melalui model pembelajaran Mind Map diiringi musik klasik diharapkan siswa dapat meningkatkan hasil belajar matematika mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa melalui uji Gain. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan sampel sebanyak 63 siswa kelas VIII MTs Al-Husna YPIHN Curug yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data yang digunakan yakni melalui tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar kelas kontrol dengan N-Gain Score pada kelas eksperimen sebesar 66,34. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Map diiringi musik klasik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Diambil kembali dari Jurnal Basicedu, 2(1): 26 Mei 2022 melalui https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/132

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD. Diambil kembali dari Jurnal Karya Pendidikan Matematika 5(1): 20 Mei 2022 diakses melalui https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/3354/3193

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran. Diambil kembali dari Tarbawyh Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1): 19 Mei 2022 melalui https://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/view/20569/10338

Bernard, M., & Chotimah, S. (2018). Improve student mathematical reasoning ability with open-ended approach using VBA for powerpoint. Diambil kembali dari AIP Conference Proceedings 2014: 20 Mei 2022 diakses melalui https://doi.org/10.1063/1.5054417

Dewayani, R. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mateti Sistem Gerak. Diambil kembali dari Skripsi Universitas Negeri Semarang: 16 Februari 2022 melalui http://lib.unnes.ac.id/38999/1/4401414102.pdf

Dharmasasmitha, V., & W, P. N. (2017). Perbedaan Kecerdasan Emosi Antara Pendengar Musik Hardcore dengan Pendengar Musik Klasik. Diambil kembali dari Jurnal Psikologi Udayana, 4(1): 26 Mei 2022 diakses melalui https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/download/29999/18416/

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Diambil kembali dari Sabilarrasyad : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, 2(1): 19 Mei 2022 dari https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/115/0

Muttaqin, Z. (2018). Peranan Metode Ceramah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa kelas VI pada Bidang Studi Agama Islam di SD Al-Muzzamil Bekasi. Diambil kembali dari Jurnal Kajian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1): 26 Mei 2022 melalui https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/267

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Diambil kembali dari Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah: 19 Mei 2022 melalui https://core.ac.uk/download/pdf/268180802.pdf

Siagian, R. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terrhadap prestasi belajar. Diambil kembali dari Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2): 20 Mei 2022 diakses melalui https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/formatif/article/view/93

Syam, N., & Ramlah. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Diambil kembali dari Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 5(3): 26 Mei 2022 diakses melalui https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/1612

Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan terbimbing Setting Kooperatif. Diambil kembali dari Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (1): 21 Mei 2022 melalui https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv10n11/707




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6898

Article Metrics

Abstract - 248 PDF - 252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.