PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB GOOGLE SITES PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

Salsabila Nazhifatin Khair, Ratu Sarah Fauziah Iskandar, Rika Sukmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan google sites pada materi segitiga dan segiempat. Metode penelitian ini didasarkan pada model penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi. Prosedur dalam penelitian ini mencakup tujuh tahapan, diantaranya potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk secara terbatas yang melibatkan 22 siswa dan revisi produk. Data yang dikumpulkan menggunakan angket. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya adalah validasi ahli materi mendapatkan skor persentase sebesar 80%, ahli media mendapatkan persentase skor sebesar 85%, ahli pendidikan mendapatkan persentase skor sebesar 81%, dan respon peserta didik mendapatkan persentase skor sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan google sites ini layak digunakan dalam pembelajaran matematika di SMP Dharma Siswa Kota Tangerang.


Full Text:

PDF

References


Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Bulkani, Fatchurahman, M., Adella, H., & Setiawan, M. A. (2022). Development of animation learning media based on local wisdom to improve student learning outcomes in elementary schools. International Journal of Instruction, 15(1), 55–72. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1514a

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.

Deputra, F. Y. (2017). Pengaruh Penggunaan Animasi Macromedia Flash Berbasis Ispring Suite Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Kelas Viii Di Smpn 1 Kotagajah Pada Materi Sistem Pencernaan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(2), 134. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v8i2.1070

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Harsanto, B. (2014). Inovasi Pembelajaran di Era Digital: Menggunakan Google Sites dan Media Sosial. UNPAD PRESS.

Japrizal, & Irfan, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Covid-19 di SMK Negeri 6 Bungo. Jurnal Vokasi Informatika, 1(3), 38–44. http://javit.ppj.unp.ac.id/index.php/javit/article/view/33

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat (Pertama). Kencana.

Latip, A. (2021). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 11–20. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.176

Prawiro, S. A., & Irawan, A. H. (2012). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas 4 SD dengan Metode Learning The Actual Object. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 1(1), 28–33. https://www.neliti.com/id/publications/15803/perancangan-media-pembelajaran-interaktif-ilmu-pengetahuan-alam-untuk-siswa-kela

Risnawati, Amir, Z., & Sari, N. (2018). The development of learning media based on visual, auditory, and kinesthetic (VAK) approach to facilitate students’ mathematical understanding ability. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1), 0–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012129

Rizqi, M. A., & Subanji, S. (2021). Analisis praktek pembelajaran daring persamaan garis lurus berbantuan media geogebra melalui google sites. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 141–154. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7621

Saputra, R., Thalia, S., & Gustiningsi, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Adobe Flash Pro Cs6 Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 67–80. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6794.67-80

Solihudin JH, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51–61. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731

Sosa, J. J. C., & Aguilar, F. K. M. (2021). Chess, visual memory and geometric transformations. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 6(4), 299–315. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v6i4.14269

Sriwahyuni, N. A., & Mardono. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 133–142.

Sumiharsono, M. R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Pustaka Abadi. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran/VJtlDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Supriyanto, N., Faisal, M., Aji, B. P., & Putri, H. (2021). The Use of Google Sites Media in Learning at Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Labschool Sintang During The COVID-19 Pandemic. International Journal Of Graduate Of Islamic Education, 2(2), 93–105.

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media pembelajaran sejarah era teknologi informasi: Konsep dasar, prinsip aplikatif, dan perancangannya (Pertama). Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8313/1/10. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi.pdf

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6925

Article Metrics

Abstract - 1580 PDF - 1043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.