INTEGRASI TEKNOLOGI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA: SEBUAH SURVEI DENGAN IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS

Prawidi Wisnu Subroto, Ateng Suherman

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan tujuan untuk mengetahui gambaran kinerja integrasi teknologi digital pada pembelajaran Matematika dari perspektif kepentingan. Responden adalah Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama sebanyak 159 sampel yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Skala terdiri dari lima skor kepentingan (1 = sangat tidak penting sampai dengan 5 = sangat penting) dan lima skor kinerja (1 = sangat tidak setuju sampai dengan 5 = sangat setuju). Analisis data menggunakan teknik Importance-Performance Analysis (IPA). Hasil analisis diketahui tingkat kesesuaian antara kinerja dan tingkat kepentingan atribut sebesar 94% atau mendekati 100%. Kemudian hasil pemetaan posisi tujuh atribut pada diagram IPA terlihat pada kuadran I terdapat dua atribut dianggap guru sangat penting namun kenyataan kinerja guru rendah. Kuadran II ada tiga atribut dianggap sangat penting dan tingkat kinerja guru tinggi. Kuadran III hanya ada satu atribut dianggap tidak terlalu penting dan kinerja guru rendah. Kuadran IV juga ada satu atribut saja, dianggap tidak terlalu penting namun tingkat kinerja Guru tinggi. Dilihat dari besarnya tingkat kesesuaian di atas, maka kesimpulannya integrasi teknologi digital pada pembelajaran Matematika sudah baik, atau dapat dikatakan kinerja Guru telah memenuhi harapan. Rekomendasi hasil penelitian yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki adalah dua atribut pada kuadran I. Dalam hal ini pemangku kepentingan baik manajemen sekolah maupun Dinas Pendidikan perlu memfasilitasi peningkatan kompetensi Guru untuk atribut:  (1) Mengembangkan sendiri media pembelajaran berbasis digital menggunakan aplikasi (software) tertentu dan (2) Memiliki keterampilan menggunakan aplikasi untuk membuat media pembelajaran interaktif.


Full Text:

PDF

References


Akhirni, A. & Mahmudi, A. (2015). Pengaruh Pemanfaatan Cabri 3D dan GeoGebra pada Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Hasil Belajar dan Motivasi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun III No. 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/download/10922/8178

A’yun (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital dan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VII Secara Daring. https://ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika/article/view/286

Drijvers, P. (2013). Digital technology in mathematics education: why it works (or doesn’t). PNA, 8(1), 1-20. https://www.researchgate.net/publication/268368816

Hillmayr, D., Ziernwald, L., Reinhold, F., Hofer, S. I., & Reiss, K. M. (2020). The potential of digital tools to enhance mathematics and science learning in secondary schools: A context-specific meta-analysis. https://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S0360131520300968?

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/22 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

NCTM (2015). Strategic Use of Technology in Teaching and Learning Mathematics. https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Position-Statements/Strategic-Use-of-Technology-in-Teaching-and-Learning-Mathematics/

Novita, R., & Herman, T. (2017). Digital technology in learning mathematical literacy, can it helpful? https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1776/1/012027/pdf

Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). Hubungan Literasi Digital dengan Kualitas Penggunaan E-Resources. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(2), 117. https://doi.org/10.14710/lenpust.v3i2.16737

Nugraha, R., Harsono, A., & Ardianto, H. (2014). Usulan Peningkatan Kualitas Jasa Pada Bengkel X Berdasarkan Hasil Matrix Importance Performance Analysis Studi Kasus di Bengkel AHASS PD. Sumber Motor Karawang. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional Reka Integra, vol. 1, no. 3, ISSN: 2338-5081.

Sujana, A. & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa, mengapa, dan bagaimana. Current Research in Education: Conference Series Journal Vol. 1 No. 1. https://www.researchgate.net/profile/Dewi-Rachmatin-2/publication/341786748

Viberg, O., Grönlund, A., & Andersson, A. (2020). Integrating digital technology in mathematics education: a Swedish case study. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1770801

Wong, Seng, M., Philip, G. and Fearon, C. (2009). Evaluating e-government in Malaysia: an Importance-Performance grid Analysis (IPA) of citizens and service providers. International Journal of Electronic Business, Vol. 7, No. 2, 2009. p.105




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.8094

Article Metrics

Abstract - 422 PDF - 252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.