HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS VIII DI MTS NAHDLATUL ULUM KRESEK TANGERANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an dengan kecerdasan spiritual. Penilitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang bejumlah 140 siswa dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu salah satu teknik non random sampling berjumlah 60 siswa. Kemudian teknik analisis datanya menggunakan uji deskriptif, normalitas, homogenitas, regresi linearitas dan koefisien determinasi sehingga dapat diketahui hasil penelitiannya. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an dengan kecerdasan spiritual siswa kelas VIII di MTs Nahdlatul Ulum Kresek Tangerang dengan derajat korelasi searah dan sedang sehingga Ha diterima.
Kata kunci: Kebiasaan, membaca Al-Qur’an, kecerdasan spritualFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alda Novira Ainu Sabila, Pengaruh Rutinitas membaca Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual Santri Kelas IX MTs Pondok Pesantren Madinatunnajah Jombang Ciputa. Vol. 03, No 01, Mei 2022
Agustin, Ginanjar Ary. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Spiritual Quotient Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Wijaya Persada
Arif. (2021). Manajemen Pendidikan. Medan: Garuda
Arif Armai. 2002. Pegantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press
Azzet Ahmad. 2014. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak. Yogyakarta: Katahati
Tridhonanto. Al. 2014. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dinamika.v8i2.10313
Article Metrics
Abstract - 274 PDF (Bahasa Indonesia) - 286Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dinamika UMT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.