PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK NEGERI 6 KABUPATEN TANGERANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pegaruh metode active learning terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 6 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang dilakukan adalah kauantitatif. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 219 siswa yang terdiri dari kelas Multimedia 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 dengan jumlah sampel sebanyak 142 siswa. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan adalah bahwa tidak ada hubungan antara metode active learning terhadap hasil belajar PAI. Hal ini dapat dibuktikan melalui nilai uji korelasi dengan hasil menunjukan nilai Signifikasi kedua variable adalah 0.703 > 0.05 yang mana dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara variable bebas dengan variable terikat. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa metode active learning tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui uji T yang menunjukan nilah Signifikasi 0.703 > 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian hasil akhir dari penilitian ini adalah bahwa tidak ada pengaruh metode Active Learning dengan Hasil Belajar mata pelajaran PAI di SMK Negeri 6 Kabupaten Tangerang.
Kata kunci: Metode active learning, hasil belajar, kuantitatifFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alamsyah, Mulyaniwati Erica. 2012. Pengaruh Pendekatan Active Learning Terhadap Hasil Belajar Membaca Cerita Rakyat Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI Di MI Babussalam Teluknaga. Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT).
Almaududy, Mhd Rois. Dari Rasulullah Untuk Pendidik. (Solo: Tinta Media, 2018), Cet. Ke- 6.
Anwar Khairul dan Marzuki, Ismail. Statistik Terapan. (Yogyakarta: Tangan Emas, 2022)
Apriani, Rita. Pengaruh Model Active Learning Problem Based Instruction Berbasis Nilai-nilai Keislaman Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Dididk Kelas X Di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. (Skripsi S1 Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2018). Diakses pada tanggal 21 Agustus 2023 melalui http://repository.radenintan.ac.id/3403/
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. (Depok: Raja Grafindo, 2017), Cet. Ke-II
Budiastuti, Dyah dan Bandur, Agustinus. Validitas dan Reliabilitas Penelitian. (Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media, 2018)
El Hajjar, Said Taan. Statistical Analysis: Internal-Consistency Reliability and Construct Validity. International Journal of Quantitative and Qualitative Research Methods. Vol.6, No. 1. 2018. h. 51
Ghilay, Yaron dan Ghilay, Ruth. Thecnology-Based Active Learning in Higher Education, Journal of Education and Learning, Vol. 4. 2015. h. 4
Hidayat, Syarif. Teori Dan Prinsip Pendidikan. (Tangerang: Pustaka Mandiri, 2019), Cet. Ke-3.
Houwer, Jan De, dkk. What Is Learning? On the nature and merits of a functional definition of learning. Psychon Bull Rev, Vol. 20. 2013. h. 631
Karamustafaoglu, Orhan. Active Learnig Strategies in Physics Teaching. Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies. Volume (issue) 1(1): 27-50. 2009. h. 28
Latif, A. dkk. 2020. Pengarun Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Edusciense. Vol 7, No. 2
Lestari, Lena & Sa’adiyah, Rika. Minat Dan Motivasi Belajar Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Daarul Qur’an Internasional Kota Tangerang. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. E-ISSN:2745-6080
Mahfuzhdin. Pengaruh Strategi Active Learning (Belajar Aktif) Teknik Infromation Research/Mencari Informasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. (Skripsi S1 Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2011). Diakses melalui https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3859 pada tanggal 21 Agustus 2023
Nisa, Elsa Okta Khoirun. 2019. Pengaruh Metode Active Learning Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di MA Ampel Banjarejo. Skripsi. Program S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Diakses melalui http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/199/ pada tanggal 21 Agustus 2023.
Priansa, Donni Joni. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. (Bandung: Pustaka Setia, 2017). Cet Ke-I
Primadoniati, Ana. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Didaktika. Vol. 9, No. 1, Februari 2020
Scholes M. Games worth playing: effective science teaching through active learning. South African Journal of Scence. 2002. Vol. 98 No. 9. h. 497
Silberman Melvin L. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. (Bandung: Nusamedia & Nuansa Cendekia, 2013). Cet-VIII
Slameto. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010)
Suprijono, Agus. Cooperative Learning. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015), Cet. Ke-XIV
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2022).
Topatimasang, Roem. (Edisi Klasik Perdikan). Sekolah Itu Candu. Yogyakarta: INSISTpress. Cet. 6, 2020
Utami, Runtut Prih. Active Learning Untuk Mewujudkan Pembelajaran Efektif. Jurnal Al-Bidayah, Vol. 1 No. 2. 2009. h. 156
Warsono. M.S dan Hariyanto. Pembelajaran Aktif. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012). Cet Ke-I
Weir, Joseph P. Quantifying Test-Retest Reliability Using the Interclass Correlation Cofficient and The SEM. Journal of Strength and Conditioning Research, Vol. 19. 2005 h. 631
Zaman, Badrus. Penerapan Active Learing Dalam Pembelajaran PAI, Jurnal As-Salam, Vol. 4 No. 1 Januari - Juni 2020. h. 15
Zulkifli. Ilmu Pendidikan Islam. (Tangerang: Semi Media Pustaka, 2020)
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dinamika.v8i2.10314
Article Metrics
Abstract - 1094 PDF (Bahasa Indonesia) - 1247Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dinamika UMT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.