PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN ISLAMI TERHADAP MOTIVASI BERHIJAB SISWA KELAS VIII DI SMP PLUS MUHAMMADIYAH PASAR KEMIS
Abstract
Penelitian ini dilakukan sebagai usaha untuk mengetahui pemahaman Islami terhadap Motivasi Berhijab siswa, lebih tepatnya yaitu SMP Plus Muhammadiyah Pasar Kemis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah terdapat pengaruh Pemahaman Islami terhadap Motuvasi Berhijab siswa Kelas VIII di SMP Plus Muhammadiyah Pasar Kemis. Allah SWT telah memerintahkan kepada kaum Wanita untuk menutup auratnya, salah satu caranya adalah dengan memakai hijab. Berdasarkan fenomena-fenomena yang ada, banyak sekali seseorang yang menggunakan hijab sering disalah gunakan, hanya sekedar memakai hijab untuk fashion, untuk menutup kekurangan yang ada pada di dirinya, dan hanya untuk terlihat cantik, bukan semata-mata memakai hijab karna sebuah perintah Allah SWT. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Dengan menggunakan tekhnik observasi, angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa tidak terdapat pengaruh pemahaman islami siswa terhadap motivasi berhijab siswa kelas VIII di SMP Plus Muhammadiiyah Pasar Kemis.
Kata Kunci: Pemahaman Islami, Motivasi BerhijabReferences
Halawa Niroha Arnita, ““Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi Pendidikan Dan Pembelajaran” (Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa Vol. 2, No. 2 Mei 2023)
Jurjam Mas’ud, Al-Ra’id, Mu’jām Lughwary ‘Ashriy, (Beirut: Dar al-ilm Jilid III, 1981)
Darmawan, Deni, “Metode Penelitian Kiantitatif,” (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya 2013)
Saprudin, Muhammad, “Motivasi Pemakaian Jilbab Mahasiswi Islam Universitas Negeri Jakarta”, Jurnal Studi Al-Qur’an, Vol. 12 no. 2 (2016)
Asrori, Muhammad, “Psikologi Pembelajaran”, (Bandung, Wacana Prima, 2008) Cet. ke-2
Varia, Winarsih, “Psikologi Pendidikan” (Medan:Latansa Pers: 2009 Vol. 10 No. 2 April-Juni 2020)
Wahyudi, Wan, Tupti, Zulaspan, “Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai”, (Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen) Vol 2, No. 1, Maret 2019Nasution S
Purwanto, Ngalim, “Psikologi Pendidikan” (Bandung: Remaja Rosdakarya: 1998)
Abror, Abdurachman, “Psikologi Pendidikan”, (Yogjakarta, Tiara Wicara, 1993), Cet ke–4
Muthahhari, Murtadha, “Gaya Hidup Wanita Islam”. (Bandung: Mizan, 1994)
Al-Nawawi Imam “Shahih Muslim bi Syarhi al-Nawawi” (Beirut: Dar al-Manar. Hadits: 1983 no.2128, Jilid 7)
Uno, Hamzah, “Teori Motivasi Dan Pengukuran nya”, (Jakarta: Bumi Aksara: 2007)
Purwanto, Ngalim, “Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran”, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1997)
Sanjaya Wina “kurikulum dan pembelajaran teori dan praktek pengembangan KTSP” (Jakarta: Kencana, 2008)
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dinamika.v8i1.10315
Article Metrics
Abstract - 91Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dinamika UMT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.