KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DI KAMPUNG UTAN JATI KALIDERES JAKARTA BARAT

KOVIFAH OKTAVIANI, EKO PURWANTO, EKO PURWANTO, ADE SITI KHAERIAH, ADE SITI KHAERIAH

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk melngeltahuil komunilkasil interpersonal  orang tua dalam pelnggunaan gadgelt pada anak usila dilnil dil Kampung Utan Jatil dan Untuk melngeltahuil faktor pelnghambat orang tua dalam  pelnggunaan gadgelt pada anak usila dilnil dil Kampung Utan Jatil. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah ialah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Untuk menguji keabsahan data, penenlitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu triangulasi. Hasil penenlitian ini menunjukkan bahwa Komunikasi Interpersonal yang dilakukan oleh orang tua kepada anak usia dini saat menggunakan gadget berjalan baik dalam keseharian di keluarga. Dapat dilihat dari 5 keefektifan teori Devito yang di mana anak diajarkan untuk menjadi pribadi yang terbuka, orang tua berempati dengan anak saat menggunakan gadget, sikap positif orang tua yang bisa dicontoh oleh anak, sikap mendukung orang tua usia dini dalam mengatur penggunaan gadget pada anak, dan juga kesetaraan antara orang tua dengan anak saat mengunakan gadget.

Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Penggunaan Gadget, Anak Usia Dini

Abstract

Thus interpersonal communication that occurs between parents and early childhood in the use of gadgets in Kampung Utan Jati, Kalideres, West Jakarta, where children aged 1-6 years are a golden period that still requires parents to care for and look after them, especially when using children's gadgets. must be accompanied. The purpose of this study was to find out the interpersonal communication of parents in the use of gadgets in early childhood in Kampung Utan Jatil and to find out the inhibiting factors of parents in the use of gadgets in old age children in Kampung Utan Jatil. In this study using qualitative methods. Data collection techniques used are interviews, documentation, and observation. To test the validity of the data, this research uses a data analysis technique, namely triangulation. The results of this study indicate that Interpersonal Communication carried out by parents with early childhood when using gadgets goes well in everyday life in the family. It can be seen from the 5 effectiveness of Devito's theory where children are taught to be open individuals, parents empathize with children when using gadgets, positive attitudes of parents that can be emulated by children, attitudes of supporting parents at an early age in managing the use of gadgets in children, and also equality between parents and children when using gadgets.

Keywords: Interpersonal Communication, Use of Gadgets, Early Childhoo


References


Abbad, Geis. (2022). Yuk Gunakan Gadget Dengan Bijak. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.

Afrilia,Arifina. (2020). Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Magelang. Pustaka Rumah Cinta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

AS Rustan,N Hakiki. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakart: CV budi Utama.

AW Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bungin, Burhan. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Creswell W. John. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Devito, J.A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Book.

Djamarah, Bahri, Syaiful. (2020). Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Keluarga.Jakarta:PT Rineka Cipta.

Effendy, O.U. (2017). Ilmu Komunikasi (teori dan praktek). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Effendy, O.U. (2004). Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mhd habibu,R. Rita,K. Nur, F.(2020). Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher. Moleong, Lexy. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy, J,( 2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya .

Nadhila, Isna. (2013). Mempermudah Hidup Manusia dengan Teknologi Modren. Jakarta: Penamadani.

Nurudin. (2007). Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers Pace, R.W., & Faules,D.F. (2018). Komunikasi Organisasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualtitatif . Bandung : Penerbit Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Penerbit Alfabeta

Suryana, Dadan. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sit, Masganti. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.

Yusuf, Syamsu L. N., M. Pd.(2001). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wood, Julia T. (2013). Komunikasi Interpersonal Interaksi Keseharian. Jakarta: Salemba Humaika.

Elias, N., Lemish, D., Dalyot, S., & Floegel, D. (2021). “Where are you?” An observational exploration of parental technoference in public places in the US and Israel. Journal of Children and Media, 15(3), 376–388. https://doi.org/10.1080/17482798.2020.1815228

Jun, J. N. (2020). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 11(1), 46. https://doi.org/10.24036/rapun.v11i1.108494

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download

Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jendela PLS, 6(1), 58–66. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205

Noor, T. R. (2020). MENGEMBANGKAN JIWA KEAGAMAAN ANAK (Perspektif Pendidikan Islam dan Perkembangan Anak Usia Dini). Kuttab, 4(2). https://doi.org/10.30736/ktb.v4i2.269

Sari, I. P., Wardhani, R. W. K., & Amal, A. S. (2020). Pengguna gadget memiliki dampak positif dari penggunaan gadget antara lain untuk memudahkan seorang anak dalam mengasah kreativitas dan kecerdasan anak. Tetapi. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2), 267–289. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.267-289

Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Waluyati, I. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Pada Kelurahan Kumbe Kota Bima. Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi ), 4(1), 30–36. https://doi.org/10.33627/es.v4i1.409

Wulandari, F. C., & Ristiawanti. (2018). Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua Dengan Kebebasan Penggunaan Gadget Pada Anak di SD Negeri Burat Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Jurnal Komunikasi Kesehatan, 9(2), 18–28. d:%5CDownloads%5CDocuments%5C37-Article Text-74-1-10-20191217_2.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dinamika.v8i2.10350

Article Metrics

Abstract - 51 PDF (Bahasa Indonesia) - 15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Dinamika UMT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View Dinamika UMT Stats