STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CV PELITA WARNA SENTOSA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI E-COMMERCE SHOPEE

MUHAMAD RO’UF, Eko Purwanto, Eko Purwanto, FITRIA SANTI, FITRIA SANTI

Abstract


Pertumbuhan bisnis saat ini semakin bertumbuh pesat, hingga pada internet (media online). Sistem bisnis semacam ini telah banyak digunakan oleh industri multinasional sampai kepada pedagang retail kecil. Dimana sistem penjualannya yang sangat mudah untuk memperoleh sasaran pasar dan membeli apa yang mereka perlukan tanpa harus mendatangi toko ataupun tempat penjualannya.Dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada Strategi Komunikasi Pemasaran Cv Pelita Warna Sentosa dalam meningkatkan penjualan di E-Commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Pada penlitian ini peneliti mengumpulkan pendekatan deskritif kualitatif, peneliti melakukan wawancara, dan observasi pada bagian Manager, Sales Marketing, dan dua Konsumen CV Pelita Warna Sentosa. Dengan metode deskritif, melalui observasi partisipan dimana penulis yang sekaligus juga menjadi peneliti ikut terlibat secara langsung dalam setiap kegiatan yang subjek lakukan untuk mendapatkan segala data maupun informasi yang dibutuhkan terkait dengan penelitian. Kemudian penelitian dilanjutkan dengan wawancara mendalam kepada informan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran CV Pelita Warna Sentosa Dalam Meningkatkan Penjualan Di E-Commerce Shopee, maka dapat disimpulkan bahwa: Dalam penjualannya, yang dilakukan CV Pelita Warna Sentosa dapat memastikan bahwa profil di Shopee memiliki deskripsi yang jelas dan menarik tentang produk apa yang dijual, serta menggunakan foto produk yang real,agar dapat membantu menarik perhatian calon pembeli. Kendala yang dihadapi Cv Pelita Warna Sentosa dalam meningkatkan penjualan di E-Commerce Shopee ialah kurir untuk pengambilan stock barang terbatas dan belum mempunyai tempat secara langsung atau permanen untuk memasarakan produknya, misalnya di Mall ataupun di Ruko.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Meningkatkan, Penjualan

Abstract

Business growth is currently growing rapidly, to the internet (online media). This kind of business system has been widely used by multinational industries to small retailers. Where is the sales system that is very easy to get to the target market and buy what they need without having to go to the store or the point of sale. In this study, researchers focused on the Marketing Communication Strategy of Cv Pelita Warna Sentosa in increasing sales at E-Commerce Shopee. This research uses a type of qualitative research with a descriptive approach. In this research, the researcher collected a qualitative descriptive approach, the researcher conducted interviews, and made observations on the Manager, Sales Marketing, and two consumers of CV Pelita Warna Sentosa. With the descriptive method, through participant observation where the writer who is also a researcher is directly involved in every activity that the subject does to get all the data and information needed related to the research. Then the research was continued with in-depth interviews with informants. Based on the results of research on CV Pelita Warna Sentosa's Marketing Communication Strategy in Increasing Sales Results at E-Commerce Shopee, it can be concluded that: In selling, what CV Pelita Warna Sentosa does can ensure that the profile on Shopee has clear and attractive descriptions of what products sold, as well as using real product photos, in order to help attract the attention of potential buyers. The obstacle faced by Cv Pelita Warna Sentosa in increasing sales results at E-Commerce Shopee is that couriers can take limited stock of goods and do not have a direct or permanent place to market their products, for example in malls or shop houses.

Keywords: Marketing Communication Strategy, Increase, Sales


References


Bogdan, Taylor. (1984). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Suatu Pendekatan Fenomenologis Terhadap Ilmu-Ilmu Sosial. Diterjemahkan oleh Arif Furchan. Usaha Nasional: Surabaya

Cummins, Julian. (2010). Promosi Penjualan, Bagaimana Menciptakan dan Menerapkan Program Yang Benar-Benar Berhasil. Jakarta. Karisma Publishing.

Fandy Tjiptono, (2009). Strategi Pemasaran Jasa. CV. Andi:Yogyakarta

Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Isoraite, M. (2016). Aspek teoritis bauran pemasaran. International Journal of Research Granthaalayah

Kennedy, J.E & Soemanagara, R.D. (2006). “Marketing Communication:Taktik dan Strategi”. Jakarta. PT Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia).

Kotler Dan Keller, (2015). Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 13, Jakarta: ErlanggaKurniawati, A., & Ariyani, N. (2022). Strategi Promosi Penjualan pada Marketplace Shopee. Propaganda, 2(1), 65–79. https://doi.org/10.37010/prop.v2i1.514

Kotler, P., Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. New Delhi: Pearson.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kusumasari, R. N., & Afrilia, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu J&C Cookies Bandung Dalam Meningkatkan Penjualan | Jurnal Sain Manajemen. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 97–103.

Latifah, A. (2021). Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan selai srikaya di shopee. 1211900343.

Moleong. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.Fauziah. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shopee” Dalam Meningkatkan Penjualan. Journal of Southwest Jiaotong University, 56(2), 65–82. https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.56.2.7

Muntazah, A., Novalia, & Emeilia, R. I. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Brand Loyalty Pada Perusahaan Travel Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada CV. Khairil Tour & Travel). Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani, 53(9), 1689–1699.

Stanton, William J. (2012). Prinsip pemasaran, alih bahasa: Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dinamika.v8i1.10351

Article Metrics

Abstract - 72 PDF (Bahasa Indonesia) - 43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Dinamika UMT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View Dinamika UMT Stats