STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK DINAS SOSIAL KOTA CILEGON DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELAYANAN PENGADUAN MARI SINERGI

Fitri Susiswani Isbandi, Fitria Santi, Fitria Santi, Korry El Yana, Korry El Yana, Sopian Sopian, Sopian Sopian, Yopy Perdana Kusuma, Yopy Perdana Kusuma, Eko Purwanto, Eko Purwanto

Abstract


Communication strategy is planning in providing messages through a combination of various communication elements such as frequency, formality, content and communication channels so that the message conveyed is easily received and understood and can change attitudes or behavior in accordance with the purpose of communication. According to Effendy (2011) A communication strategy is an effective plan in pushing messages so that the communicant can easily understand and accept what has been conveyed so that it can change a person's attitude or behavior. Researchers analyzed the communication strategy implemented by the Cilegon city social service in building community empowerment through layanan terpadu mari sinergi. Layanan terpadu mari sinergi is a service from the Cilegon city social service since 2019. This service has 24-hour access to the community. These services can be accessed through social media or come directly to the office. The Social Service makes these services so that they can be close and easy to communicate with the community. Layanan terpadu mari sinergi, serving people who need medical assistance, displaced people who have no identity and people with disabilities, as well as social problems that interfere with community and social life. With layanan terpadu mari sinergi, social services hope to be able to communicate directly and closely with the community. The program collaborates with Cilegon city government agencies, police services, population registration services, employment services, hospitals and shelter homes. This study used descriptive qualitative method. The research data is in the form of information in the field, namely the Cilegon City Social Service neglecting interview discussions and observations. The title of this research comes from a field worker who focuses on integrated complaint terpadu mari sinergi. The results of this study indicate that the Cilegon city social service carried out a communication strategy to implement an integrated service program for the community in accordance with communication science. Among them is the Government to conduct communication persuasion in the service program. Government social services also use communication media as a tool to provide information, socialize programs and overcome problems that occur in society. Continuous two-way communication between social services and residents is expected to be able to create conditions for a healthy and safe social life.

 

Keywords: Communication strategy, Layanan terpadu mari sinergi, social services

 

Abstrak

Strategi komunikasi adalah perencanaan dalam penyampaian pesan melalui kombinasi berbagai unsur komunikasi seperti frekuensi, formalitas, isi dan saluran komunikasi sehingga pesan yang disampaikan mudah diterima dan dipahami serta dapat mengubah sikap atau perilaku sesuai dengan tujuan komunikasi. Menurut Effendy (2011) Strategi komunikasi adalah perencanaan yang efektif dalam penyampaian pesan sehingga mudah dipahami oleh komunikan dan bisa menerima apa yang telah disampaikan sehingga bisa mengubah sikap atau perilaku seseorang. Peneliti menganalisis strategi komunikasi yang di terapkan oleh dinas sosial kota cilegon dalam membangun pemberdayaan masyarakat melalui layanan terpadu mari sinergi. Layanan terpadu mari sinergi merupakan pelayanan Dinas sosial kota cilegon sejak 2019. layanan tersebut memiliki akses 24 jam kepada masyrakat. Layanan tersebut bisa diakses melalui media sosial atau datang langsung ke kantor. Dinas sosial membuat layanan tersebut agar bisa dekat dan mudah berkomunikasi dengan masyarakat. Layanan terpadu mari sinergi, melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis, masyarakat terlantar yang tidak memiliki identitas dan penyandang disabilitas, serta permasalahan- permasalahan sosial yang mengganggu kehidupan bermasyarakat dan bersosial. Dengan adanya layanan terpadu mari sinergi, dinas sosial berharap bisa berkomunikasi langsung dan dekat dengan masyarakat. Program tersebut bekerja sama dengan dinas pemerintah kota cilegon, dinas kepolisian, dinas catatan kependudukan, dinas ketenagakerjaan, Rumah sakit dan  rumah singgah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa informasi di lapangan yaitu Dinas sosial kota cilegon melalaui diskusi wawancara dan observasi. Judul penelitian ini bersumber dari pekerja lapangan yang berfokus dalam bidang  layanan pengaduan terpadu mari sinergi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, dinas sosial kota cilegon melakukan srategi komunikasi untuk menerapkan program layanan terpadu kepada masyarakat sesuai dengan ilmu komunikasi. Diantaranya adalah Pemerintah melakukan persuasi komunikasi dalam program layanan tersebut. Pemerintah dinas sosial juga menggunakan media komunikasi sebagai alat untuk  memberi informasi, mensosialiasikan program dan mengatasi sebuah permasalahan yang terjadi di masyarakat. Komunikasi dua arah yg saling berkesinambung antara dinsos dan warga diharapakan mampu menciptakan kondisi kehidupan sosial yang sehat dan aman.


References


Baturangka, T., Kaawoan, J. ., & Singkoh, F. (2019). Peran Dinas Sosial Kota Manado Dalam Pemberdayaan Masyarakat Penyandang Disabilitas. Jurnal Eksekutif, 3(3), 1–9.

Luthfia, A. R. (2020). Urgensi Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 94–100. https://journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/view/2897

Maftuhin, A. (2016). Mengikat Makna Diskriminasi: Penyandang Cacat, Difabel, dan Penyandang Disabilitas. Inklusi, 3(2), 139–162. https://doi.org/10.14421/ijds.030201

Mardiana, W., Hamim, H., & Widiyanto, K. (2018). Strategi Komunikasi Public Relations Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Timur Untuk Meningkatkan Citra Di Mata Publik. Representamen, 3(02), 1–6. https://doi.org/10.30996/.v3i02.1415

Wiranata, T. S. (2018). Strategi komunikasi dinas sosial kota cilegon dalam menanggulangi anak jalanan di cilegon. Ilmu Komunikasi.

Rosady Ruslan (2006). Manajemen publik relations & media komunikasi. Jakarta :Rajawali Pers

Rosady Ruslan (2006). Metode Penelitian publik relations dan komunikasi Jakarta: Rajawali Pers

Ratminto & Atik Septi Winarsih. (2007). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nina Rahmayanty (2013), Manajemen Pelayanan Prima, Yogyakarta: PT Graha Ilmu,

Haryatmoko (2011), Etika Publik, Jakarta, PTGramedia Pustaka Utama,

Sulila, Ismet. (2015). Implementasi Dimensi Layanan Publik dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: cv Budi Utama

Hardiyansyah, Hardi (2015) Komunikasi Pelayanan Publik Konsep dan Aplikasi. Cetakan I,- (-).

Gava Media, Yogyakarta. ISBN 978-602-7869-71-4

Effendy, Onong Uchjana.(2006). Hubungan Masyarakat.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhammad, Arni. (2009). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara

Indogrosir, B. (2020). Komunikasi Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Mitra Pada Masa Transisi PSBB. The Source Jurnal Ilmu KOmunikasi, 2(2), 40–55.

Aplikasi, K. (2015). Komunikasi dan Pelayanan Publik. In Jurnal IPDN.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dinamika.v8i1.10358

Article Metrics

Abstract - 166 PDF (Bahasa Indonesia) - 42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Dinamika UMT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View Dinamika UMT Stats