MENELUSURI REKAM JEJAK AMAL DAN PERJUANGAN KH. AHMAD DAHLAN

Asrori Mukhtarom

Abstract


Pembaharuan Islam di bumi nusantara ini tak lepas dari para pejuangnya. Diantara para pejuang Islam yang begitu besar kontribusinya untuk bangsa ini adalah KH. Ahmad Dahlan. Lewat pemikiran, amal, dan perjuangannya KH. Ahmad Dahlan cukup berhasil membawa bangsa ini menjadi bangsa yang berkemajuan. Dalam bidang agama, KH. Ahmad Dahlan telah melakukan usaha purifikasi akidah dari segala macam bentuk tahayul, bid’ah, dan churafat. Dalam bidang pendidikan, KH. Ahmad Dahlan telah berhasil menciptakan model sekolah yang berbasis integrasi ilmu agama dan ilmu umum yang merupakan benih dari sekolah Islam modern di Indonesia. Dalam bidang sosial, lewat gerakan al-Ma’unnya telah berhasil membuat rumah sakit swasta pertama di Indonesia. Dan masih banyak lagi kontribusi-kontribusi dari KH. Ahmad Dahlan untuk bangsa ini. Estafet amal dan perjuangan KH. Ahmad Dahlan kemudian dilanjutkan oleh organisasi Muhammadiyah yang merupakan organisasi yang beridentitaskan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi munkar, dan gerakan tajdid. Tahun demi tahun, karya dan amal usaha KH. Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah semakin berkembang. Perkembangan serta perluasan tersebut menjadi petunjuk kreatifitas dan ketajaman analisa KH. Ahmad Dahlan terhadap problema sosial yang dihadapi bangsa dan umat Islam Indonesia pada saat itu. Hal itu juga merupakan salah satu indikasi keberhasilannya dalam menerjemahkan nilai-nilai ajaran al-Qur’an dalam bentuk kearifan sosial

References


Abdullah, Taufik, dkk, Ensiklopedi Tematis Dunia Islam. Jakarta : PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002.

Abdurrahman, Asjmuni, Manhaj Tarjih Muhammadiyah : Metode dan Aplikasi.Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2002.

Alfian, Politik Kaum Modernis : Perlawanan Muhammadiyah Terhadap Kolonialisme Belanda.terj. Jakarta : Al-Wasath, 2010. Cet. ke-1

Ali, Fachry, Merambah Jalan Baru Islam : Rekonstruksi Pemikiran Islam Indonesia Masa Orde Baru.Bandung : Mizan, 1986

Anshory Ch, Nasruddin,Matahari Pembaruan: Rekam Jejak KH. Ahmad Dahlan.Yogyakarta : Jogja Bangkit Publisher, 2010, Cet. ke-1

Arsalan, Al-Amier Syakieb,Mengapa Kaum Muslimin Mundur dan Mengapa Kaum Selain Mereka Madju ?.Terj.Jakarta : Bulan Bintang, 1967. Cet. ke-3.

Asmini, Yusran, Pengantar Studi Pemikiran dan Gerakan Pembaharuan Dalam Dunia Islam.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2009

Azhari Suroip, Paham Islam Dalam Muhammadiyah.Tangerang : PDM Kab. Tangerang, 2009

Azra, Azyumardi, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII.Bandung: Mizan, 1990.

Al-Barry, M Dahlan Yacub, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer.Surabaya: Arkola, 2001.

Bramantyo, Hanung, Sang Pencerah (The Movie). Multivision Plus, 2010 Daulay, Haedar Putera, Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia.Jakarta : Kencana, 2007. Cet. ke-1

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya Juz 1-30. Jakarta: Pustaka Agung Harapan, 2006.

Depdikbud, Kamus Besar Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka, 1989. Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam.Jakarta : PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 1997. Cet. ke-4

Hadjid, KRH, Pelajaran KH. Ahmad Dahlan : 7 Falsafah & 17 Kelompok Ayat Al-Qur’an, Yogyakarta : LPI PPM, 2008. Cet. ke-3.

Hambali, Hamdan, Ideologi dan Strategi Muhammadiyah. Yogyakarta : Suara Muhammadiyah, 2010. Cet. ke-5 Hariri,

Didik. L, Jejak Sang Pencerah.Jakarta : Best Media Utama, 2010, Cet. ke-1 Hasjimy, A, Sejarah Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia. Bandung : Al Ma’arif, 1989.

Al Hīlāli, Muhammad Taqiuddin, The Noble Qur’an. Kingdom of Saudi Arabia ; Maktaba Darussalam, 1993

Jainuri, A, Muhammadiyah: Gerakan Reformasi Islam di Jawa Pada Awal Abad ke Dua Puluh.Surabaya : Bina Ilmu, 1981. Cet ke-1.

Ma’arif, Ahmad Syafi’i, Peta Bumi Intelektualisme di Indonesia.Bandung : Mizan, 1994

Mubarok, Jaih, Sejarah Peradaban Islam.Bandung : Pustaka Bani Quraisy, 2005.

Mulkhan, Abdul Munir, Pemikiran Kyai Haji Ahmad Dahlan Dan Muhammadiyah Dalam Perspektif Perubahan Sosial.Jakarta : Bumi Aksara, 1990. Cet. ke-1.

----------, Warisan Intelektual KH.Ahmad Dahlan dan Amal Muhammadiyah.Yogyakarta : Percetakan Persatuan, 1990. Cet. ke-1. ----------, Paradigma Intelektual Muslim.Yogyakarta : Sippress, 1993 ----------, Kiai Ahmad Dahlan : Jejak Pembaruan Sosial dan Kemanusiaan.Jakarta : Buku Kompas, 2010. Nashir, Haedar, Artikel “ KH. Ahmad Dahlan Sang Mujaddid”, Suara Muhammadiyah, Edisi No. 23/TH. Ke-94 1-15 Desember 2009.

Nasution, Harun, Pembaharuan Dalam Islam.Jakarta : Bulan Bintang, 1994. ----------, Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya.Jakarta : UI Press, 1985, Cet. ke-5.

----------, Islam Rasional.Bandung : Mizan, 1997. Nata, Abuddin, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan.Jakarta : Rajawali Pers, 2008.

Noer, Deliar, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942.Jakarta : LP3ES, 1980 Nugraha, Adi, KH. Ahmad Dahlan : Biografi Singkat(1869-1923).Jogjakarta : Garasi, 2009. Cet. ke-1.

Pasha, Mustafa Kamal, dan Ahmad Adaby Darban, Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam : Dalam Perspektif Historis dan Ideologis.Yogyakarta : LPPI, 2002. Cet. ke-2.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Anggaran Dasar dan Rumah Tangga Muhammadiyah.Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2005. Cet. ke-3. Poesponegoro, Marwati Djoened, Sejarah Nasional Indonesia Jilid I – VI.Jakarta : PN Balai Pustaka, 1984

Ramayulis, dan Samsul Nizar, Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam : Mengenal Tokoh Pendidikan di Dunia dan Indonesia.Ciputat : Quantum Teaching, 2005. Cet. ke-1.

Ramly, Nadjmuddin, dan Hery Sucipto, Ensiklopedi Tokoh Muhammadiyah : Pemikiran dan Kiprah dalam Panggung Sejarah Muhammadiyah.Jakarta : Best Media Utama, 2010

Salam, Junus, KH. Ahmad Dahlan ; Amal dan Perjuangannya.Tangerang : Al Wasat, 2009.

Saleh, Abdul Rahman, Konsepsi dan Pengantar Dasar Pembaruan Pendidikan Islam.Jakarta : DPP GUPPI, 1993.

Shobahiya, Mahasri, dkk, Studi Kemuhammadiyahan : Kajian Historis, Ideologi, dan Organisasi.Surakarta : LPID UMS, 2008. Cet. ke7.

Sucipto, Hery, KH. Ahmad Dahlan Sang Pencerah, Pendidik, dan Pendiri Muhammadiyah.Jogjakarta : Best Media Utama, 2010.

Subhani, Ja’far, Syekh Muhammad bin Abdul Wahab dan Alirannya.Jakarta : Penerbit Citra, 2007. Cet. ke-1

Sunanto, Musyrifah, Sejarah Peradaban Islam Indonesia.Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2007. Cet. ke-1 Suryanegara,

Ahmad Mansyur, Menemukan Sejarah ; Wacana Pergerakan Islam di Indonesia.Bandung : Mizan, 1998.

----------, Sejarah Pemikiran Para Tokoh Pendidikan.Bandung : Angkasa, 2003. Cet. ke-1.

Syuja’, Islam Berkemajuan ; Kisah Perjuangan KH. Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah Masa Awal.Tangerang :Al Wasat, 2009.

Al-Usairy, Ahmad, Sejarah Islam Sejak Zaman Nabi Adam Hingga Abad XX.Jakarta :Akbar Media Eka Sarana, 2003. Cet. ke-6.

Wojowasito, S, Kamus Lengkap Inggris-Indonesia dan Indonesia Inggris.Bandung : Penerbit Hasta Bandung, 1980

Yatim, Badri, Sejarah Peradaban Islam.Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2008

Yunus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia.Jakarta : Mahmud Yunus Wadzuriyyah,1989




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dinamika.v1i1.485

Article Metrics

Abstract - 4653 PDF (Bahasa Indonesia) - 2297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Jurnal Dinamika UMT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View Dinamika UMT Stats