ANALYSIS AND DESIGN OF ERP INFORMATION SYSTEMS USING WAREHOUSE MANAGEMENT MODULES

Rachmat Destriana

Abstract


Perusahaan PT XYZ bekerja di industri elektronik. Penyimpanan komoditas di gudang meningkat seiring dengan output. Oleh karena itu, ada masalah di PT. Gudang Inti Sarana Maju, yaitu tidak adanya integrasi data antar divisi sehingga tidak terjadi sharing data secara real time dan menyebabkan pencatatan jumlah barang secara manual menjadi salah. Akibatnya, terjadi ketidaksesuaian antara jumlah barang yang tertera di Stock Card dengan jumlah barang yang ada di gudang. Operasional Sub Divisi Gudang di PT.Inti Sarana Maju harus didukung oleh sistem informasi yang harus dikembangkan dan direncanakan. Sistem ini dirancang dan direncanakan dengan menggunakan metodologi RAD (Rapid Application Development). Penulis mengkaji prosedur bisnis operasional perusahaan. Berdasarkan penelitian ini, penulis membangun sistem ERP dengan aplikasi Odoo dan merancang proses bisnis yang diusulkan, dengan fokus pada modul Manajemen Gudang yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi. Selain itu, Pengguna akan menguji sistem yang dirancang sebelum menerapkannya pada bisnis. Hasil dari penelitian ini adalah modul Manajemen Gudang pada aplikasi Oodo yang telah disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan bisnis serta dapat membantu bisnis lebih mudah menyelesaikan masalah operasional gudang di PT. XYZ.

 

Kata Kunci : ERP, Warehouse Management, Odoo, RAD


References


P. Rahayu, V. Y. Tambunan, M. Agutina, W. Anastasya, D. Japin, and D. Melinda, “Penerapan Sistem Erp (Enterprise Resource Planning) Warehouse Management Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 10, no. 2, pp. 241–245, 2022.

S. Aziza and G. H. N. N. Rahayu, “Implementasi Sistem Enterprise Resource Planning Berbasis Odoo Modul Sales Dengan Metode Rad Pada PT XYZ ,” J. Ind. Serv., vol. 5, no. 1, pp. 49–58, 2019, doi: 10.36055/jiss.v5i1.6503.

N. Elga, P. Aji, U. Yunan, K. Septo, and M. Saputra, “Perancangan Sistem ERP Smart UKM Pada Proses Warehouse Management Untuk Pengelolaan Stok Barang Menggunakan Metode Service Oriented Architecture Smart ERP System Design in The Warehouse Management Process for Management of Stock Items Using Service-Orient,” vol. 7, no. 2, pp. 7479–7486, 2020.

N. S. D. Hapsari and M. Mustaqiem, “Penerapan Teknologi Enterprise Resource Planning Menggunakan Modul Inventory Management dengan Metode FIFO Berbasis Website Pada CV Pandan Mas Sampit,” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 2, no. 6, pp. 365–372, 2021.

D. Daeng and F. I. Fadillah, “Perancangan Sistem Modul Inventori Pada Kios Bapak Adi Menggunakan Odoo ERP,” KALBISCIENTIA J. Sains dan Teknol., vol. 9, no. 2, pp. 56–66, 2022, doi: 10.53008/kalbiscientia.v9i2.367.

I. K. Siregar, “Implementasi Model Rapid Application Development Pada Sistem Informasi Persediaan Barang Dengan Metode Fifo,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 187–192, 2020, doi: 10.33330/jurteksi.v6i2.593.

Destriana, R. (2022). Enterprise Resource Planning Bagi Pemula (Teori dan Konseptual).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dinamika.v7i1.8247

Article Metrics

Abstract - 258 PDF (Bahasa Indonesia) - 221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Dinamika UMT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View Dinamika UMT Stats