INCREASED SALES OF VENTALA SHOES IMPACT OF ADVERTISING, BRAND IMAGE, CELEBRITY ENDORSER ON FEB UNMUH JEMBER STUDENTS

Mabrulifandi Mabrulifandi, Trias Setyowati, Nursaidah Nursaidah

Abstract


Para pelaku usaha saling berlomba-lomba memasarkan produknya dengan berbagai jenis promosi, salah satunya adalah kompetisi sepatu lokal Indonesia khususnya sepatu merek lokal ventela. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menyiarkan bagaimana iklan, persepsi merek, dan dukungan selebriti mempengaruhi keputusan pembelian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember mengenai sepatu Ventela. Sampel yang dimasukkan dalam sampel berjumlah 80 responden, yang dipilih melalui teknik non-probabilitas, khususnya teknik purposive sampling. Untuk analisis statistik digunakan metode regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 29. Berdasarkan temuan penelitian ini, keputusan pembelian (Y1) terkait produk sepatu Ventela yang tersedia secara lokal dipengaruhi secara signifikan oleh variabilitas iklan (X1), citra merek (X2) pendukung celebrity endorser (X3). Penelitian ini akan memberikan dampak dan manfaat di kemudian hari serta memberikan sedikit pengetahuan mengenai strategi pemasaran dalam penelitian ini. Penulis berharap penelitian ini dapat menjadi acuan rencana contoh penulisan penelitian ilmiah bagi peneliti selanjutnya.

Full Text:

PDF

References


Aris. (2021) Brand Sepatu Lokal Terbaik Saat ini untuk Tampil Keren.

Buchari, A. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Durianto, & Dermadi. (2013). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F. (1995). Multivariate Data Analysis with Reading. New Jersey: Fourth Edition, Prentice.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. English: Pearson Education Inc.

Maghfiroh, L., & Setyo Iriani, S. (2021). Niat Beli Sepatu Merek Lokal Oleh Generasi Muda: Pengaruh Consumer Ethnocentrism, Perceived Quality, Perceived Price, Dan Perceived Brand Image. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 9).

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Rusni, A., & Marwan, M. (2021). Pengaruh Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Krida Dinamik Auto Nusa Cabang Sumbawa: Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 65–71.

Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh iklan dan endorser terhadap brand awareness serta dampaknya pada keputusan pembelian. Riset: Jurnal Aplikasi Ekonomi Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 1–15.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: IKAPI.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, CV.

Tiyasherlinda, G., Achsa, A., & Sijabat, Y. P. (2022). Citra Merek Dan Harga Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Di Magelang. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 306–314.

Wibowo, S., & Dedi Supriadi. (2013). Ekonomi Mikro Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Zaenuri, A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Luwak White Koffie. Kinerja, 2(02), 77–92.

Immawati, S. A., & Budi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Yang Diproduksi Pt. Hijab Alila. Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 117-136.

Rauf, A., & Apriyanti, M. D. (2022). LOYALITAS PELANGGAN: KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN. Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 4(2), 106-115.

Kusdianto, K., & Priyatna, E. H. (2020). KONTRIBUSI KUALITAS PELAYANAN DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Pada Auto 2000, Pasar Kemis). Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 137-148.

Yuliyzar, I., Rauf, A., & Widiyasari, W. (2020). KONTRIBUSI KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEUPASAN PELANGGAN PT. MITRA BANGUN CEMERLANG. Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 11-25.

Delia, R. (2023). PENGARUH SERVICE QUALITY DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION PADA PENGGUNA E-COMMERCE DI JABODETABEK (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Denia, R. (2023). Pengaruh sales promotion dan hedonic shopping terhadap impulse buying behavior melalui positive emotion pada pengguna e-commerce di Jabodetabek.

Taufik, R. F. A. N., Tarto, T., & Trisavinaningdiah, A. (2023). KEPUTUSAN PEMBELIAN SATE TAICHAN 8 TANGERANG BERDASARKAN DIGITAL MARKETING DAN INFLUENCER. Digital Business Journal, 1(2), 128-142.

Priyatna, E. H., Lutfia, L. N., & Masturo, M. (2023). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement terhadap Impluse Buying. Digital Business Journal, 1(2), 98-112.

Rauf, A., & Zatira, D. (2022). Analisis Digital Marketing Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike. Digital Business Journal, 1(1), 39-51.

Dewi, E., Pambudi, J. E., & Priyatna, E. H. (2022). Minat Menggunakan Dompet Digital OVO: Kemudahan Penggunaan dan Kepuasan Pelanggan. Digital Business Journal, 1(1), 1-13.

Taufik, R. F. A. N., & Febrianto, H. G. (2022). Property product purchase decision analysis with digital marketing and brand trust approach. Digital Business Journal, 1(1), 26-38.

Mikrad, M., Budi, A., & Fitriana, A. I. (2022). Perkembangan Umkm Dengan Financial Technology Dan Digital Marketing Sebagai Variabel Prediktor. Digital Business Journal, 1(1), 14-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v8i2.10629

Article Metrics

Abstract - 27 PDF - 19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International