PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS APLIKASI SMARTPHONE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI AGEN PT. JALUR NUGRAHA EKAKURIR SILIWANGI PASAR KEMIS

Ismayudin Yuliyzar, Iwan Setiawan Rofiq, Deliagustianti Deliagustianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sistem Informasi Manajemen dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di agen PT. Jalur Nugraha Ekakurir Siliwangi, Kecamatan Pasar Kemis. Populasi diaambil dari rata rata perbulan pengunjung yang datang selama tiga bulan yaitu 207 orang sehingga diperoleh sampel sebanyak 67 orang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitaif. Pengumpulan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data sekunder diperoleh dari perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 22.Hasil penelitian menunjukkan  bahwa secara parsial variabel Sistem Informasi Manajemen  (X1) berpengaruh secara positif terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Hal ini ditunjukkan dengan thitung> ttabel yakni 9,085 > 1,6687, dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh secara positif terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Hal ini ditunjukkan dengan thitung> ttabel yakni 14,652 > 1,6687 dan nilai signifikan regresi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dan secara simultan  variabel Sistem Informasi Manajemen (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh secara positif terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) yakni Fhitung > Ftabel sebesar 136,102 > 2,75. Dengan nilai persamaan regresi berganda Y = 4,684 + 0,241 X1 + 0,673 X2 dengan koefisien determinasi sebesar 81% yang sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti.

 

Kata kunci : Sistem Informasi Manajemen, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v5i2.5264

Article Metrics

Abstract - 867 PDF - 606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International