DETERMINAN EARNING RESPONSE COEFFICIENT (ERC) DENGAN UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE SEBAGAI EKSOGEN

Januar Eky Pambudi, Hendra Galuh Febrianto, Amalia Indah Fitriana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, kepemilikan asing, dan leverage terhadap Earning Response Coefficient (ERC) pada perusahaan manufaktur sub sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode waktu penelitian yang digunakan adalah 5 tahun yaitu periode 2016-2020. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh 10 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan bantuan software eviews 9.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial leverage tidak memiliki pengaruh terhadap Earning Response Coefficient (ERC). Namun variabel ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap Earning Response Coefficient (ERC).

Kata Kunci: Earning Response Coefficient (ERC), Ukuran Perusahaan dan Leverage.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v6i1.6525

Article Metrics

Abstract - 164 PDF - 101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention


 

 

Dynamic Management Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0