FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI PADA PT. SUMBER JAYA TRANS

Abdul Rauf

Abstract


Abstrak

Faktor Sosial merupakan pengaruh dari sekelompok orang yang mempengaruhi seorang individu untuk mengikuti kebiasaannya. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh faktor sosial seperti kelompok acuan, keluarga serta peran dan status sosial konsumen. Faktor Psikologis merupakan sikap, perasaan, persepsi dan perilaku individu yang di peroleh dari pengalaman subyektif seseorang. Perbedaan individu menggambarkan faktor-faktor individu yang muncul dari dalam diri konsumen dan proses psikologis yang terjadi pada diri konsumen yang sangat berpengaruh terhadap proses keputusan konsumen diantaranya motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap. Sehingga dari Faktor Sosial dan Faktor psikologis tersebut konsumen dapat melakukan keputusan pembelian yang berasal dari faktor internal maupun eksternal konsumen. Objek penelitian ini adalah konsumen PT. Sumber Jaya Trans. Data yang di peroleh berasal dari hasil kuesioner yang telah disebarkan kepada konsumen PT. Sumber Jaya Trans. Metode yang digunakan dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling insidental. Metode yang digunakan diantaranya adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel faktor sosial dan faktor psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci: Faktor Sosial, Faktor Psikologis, Keputusan Pembelian.

Abstract

Social factors are the influence of a group of people who influence an individual to follow his habits. Consumer behavior is influenced by social factors such as reference groups, families and the role and social status of consumers. Psychological factors are attitudes, feelings, perceptions and behaviors of individuals that are obtained from a person's subjective experience. Individual differences describe individual factors that arise from within the consumer and psychological processes that occur in consumers who are very influential on the consumer's decision process including motivation, perception, learning, beliefs and attitudes. So from the Social Factors and Psychological Factors consumers can make purchasing decisions derived from consumer internal and external factors. The object of this research is the consumers of PT. Sumber Jaya Trans. The data obtained came from the results of a questionnaire that had been distributed to consumers PT. Sumber Jaya Trans. The method used with sampling technique is incidental sampling. The methods used include validity and reliability testing, classic assumption tests, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing. The results of this study indicate that social factors and psychological factors have positive and significant influence on purchasing decisions.

Keywords: Social Factors, Psychological Factors, Purchasing Decisions.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andespa, Roni. 2017. Faktor- Faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menabung di Bank Syariah. Jurnal Penelitian. Vol. 2, No.1, Januari- Juni 2017.

Bahari, Andi Faisal dan Muhammad Ashoer. 2018. Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen Ekowisata. Jurnal Penelitian. Vol. 5, No.1, 2018: 69-78.

Data Jumlah Penumpang PT. Sumber Jaya Trans Periode Januari 2019- Maret 2019.

Handoko, T.Hani. 2011. Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Hermawan, Asep. 2013. Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Metode Campuran. PT Grasindo. Jakarta.

Pedoman penulisan Skripsi Prodi Manajemen FEB UMT 2018

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketing, 15th Edition, Pearson Education Limited.

Kotler, Philip., dan Gary Armstrong.,2012., Principles of Marketing,14th Edition, Prentice Hall, Jakarta

Machfoedz, M. 2013. Pengantar Pemasaran Modern. Akademi Manajemen Pemasaran YPKPN, Yogyakarta.

Maleke, Cindy Liffie. 2013. Faktor Sosial, Pribadi, dan Psikologis pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Blackberry Gemini Pada PT. Mega Mitra Makmur Sejahtera. Vol.1, No.3,2013: 551-561.

Pratiwi, Ketut Indah. 2015. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis, dan Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian kebaya bordir pada Jegeg Ayu Boutique di Kuta. Jurnal Penelitian. Vol. 4, No. 11,2015: 3619-3645.

Robbins, Stephen P. 2010. Manajemen. Jakarta: ERLANGGA.

Syafril. 2015. Analisis Faktor Sosial Budaya dan Psikologis yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih pembiayaan pada warung Mikro. Jurnal Penelitian. Vol.3, No.3, Oktober 2015.

Sudaryono. 2018. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Sudaryono. 2014. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Sumarwan, Ujang. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA, cv

Timmerman, Victor Alan. 2017. Analisis Faktor- Faktor yang mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian di Texas Chicken Manado. Jurnal Penelitian. Vol.5 No.2,2017:1113-1122.

Tjiptono, Fandy. 2019. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV.ANDI OFFSET.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v6i2.6756

Article Metrics

Abstract - 2417 PDF - 1473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International