DETERMINAN ASIMETRI INFORMASI TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA

Agung Budi, Reni Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh asimetri informasi, kepemilikan manajerial dan employee stock ownership program terhadap praktik manajemen laba. Manajemen laba merupakan suatu cara atau langkah yang disengaja dilakukan oleh pihak manajemen untuk menaikan jumlah laba atau menururnkan jumlah laba sesuai batas prinsip akuntansi yang umum maupun diluar batas prinsip akuntansi. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif.  Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI tahun 2017-2021. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, sebanyak 9 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder.  Data yang digunakan dalam penelitian diperoleh dari laporan tahunan. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial asimetri informasi tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba dan employee stock ownership program berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Secara simultan asimetri informasi, kepemilikan manajerial dan employee stock ownership program berpengaruh terhadap manajemen laba. 


Full Text:

PDF

References


Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing

Agus, Sartono. 2015. Manajemen Keuangan (Teori dan Aplikasi). Edisi keempat. Yogyakarta: BPFE.

Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Andriani. 2015. “Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial dan Kualitas Audit Terhadap Manajemen Laba”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 12, No 1.

Bayyinah, Nurlailatul 2015.” Pengaruh Asimetri Informasi dan Mekanisme Tata Kelola Perusahaan terhadap Praktik Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Efek Syariah. ”Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Buku 1. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Ernie, dan Kurniawan. (2017). Pengantar Manajemen. Edisi kesatu. Jakarta: Kencana.

Fahmi, Irham. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabetha.

___________. 2016 Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabetha.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 Edisi kedelapam, Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Husnan, Suad dan Eny Pudjiastuti. (2015). Dasar – Dasar Manajemen Keuangan, Edisi ketujuh, Cetakan Pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Irene V. Runturambi. (2017). “Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Analisis Manajemen. Vol 5, No 3.

Isbanah, Yuyun. 2015. “Pengaruh ESOP, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan di BEI. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis. Vol 4, No 1.

Jatmiko, Dadang Prasetyo. 2017. Pengantar Manajemen Keuangan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Kariyoto. 2018. Manajemen Keuangan Konsep dan Implementasi, Cetakan.Pertama. Malang: UB press.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

_____. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Kurniawati, M. (2014). Analisis Keadilan Pajak, Biaya Kepatuhan dan Tarif Pajak Terhadap Persepsi Wajib Pajak Mengenai Penggelapan Pajak di Surabaya Barat. Tax & Accounting Review. Surabaya.

Lubis, R. H. 2017. Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Marini. 2017. “Pengaruh Profitability, Leverage and Employee Stock Ownership Program on Earning Management”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 6, No 2.

Nathasa dan Intan. (2018). “Pengaruh Asimetri Informasi, Kepemilikan Manajerial Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol 4, No 14.

Ramadona. 2016. “Pengaruh Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, dan Kebijakan Hutang Terhadap Agency Cost. Jurnal of Accounting. Vol 1, No 1.

Scott, William R. 2015 Financial Accounting Theory. Seventh Edition. United States: Canada Cataloguing.

Shalihatunnisa 2017.” Pengaruh Asimetri Informasi,Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba”. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2017. Analisis Laporan Keuangan: Teori, Aplikasi & Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sunyoto, Danang. 2016. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Susanto. 2015. “Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Praktik Manajemen Laba”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Triadinanti, Restu. 2017. “Pengaruh Asimetri Informasi, Kepemilikan Manajerial, dan Employee Stock Ownership Program Terhadap Praktik Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Skripsi. Universitas Sumatra Utara.

Tambunan, Vroh. 2014. “Pengaruh Asimetri Informasi, Kepemilikan Manajerial, dan Employee Stock Ownership Program Terhada Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Akuntansi. Vol 5, No 3.

Wijaya, Gede Erika. 2016.” Pengaruh Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan dan Kepemilikan Manajerial terhadap Praktik Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur di BEI”. Jurnal Akuntansi. Vol 8, No 2.

Wijaya, David. 2017 Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapanya. Cetakan Pertama. Jakarta: PT Grasindo.

Wiyadi. 2015.”Information Asymetri, Firm Size, Leverage Profitability and Employee Stock Ownership on Earnings Management”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 8, No 2.

Yunita, Nur Afni. 2018. Pengaruh Employee Stock Ownership (ESOP) terhadap Profitabiliy pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Visioner dan Strategis .Vol 7, No 1.

http://www.idx.co.id/ Diakses 01 Maret 2022.

http://bisnis.news.viva.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v7i1.7329

Article Metrics

Abstract - 584 PDF - 437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International