THE INFLUENCE OF ONLINE ADVERTISING ON THE INCREASE OF TOURISTS VISITING THE MALBOROUGH FORT, BENGKULU CITY

Monalisa Putri Anto, Sofian Sofian, Fauzan Fauzan

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh youtube (X1) facebook (X2) serta instagram (X3) pada minat berkunjung wisatawan (Y), di Benteng Marlborough. Dengan metode menggunakan skala Likert dengan membagikan kuisioner kepada responden. penelitian menggunakan metode kuantitatif.Populasi  diambil penelitian ialah wisatawan berkunjung ke objek wisata  telah ditentukan yaitu Benteng Marlborough. Data  diperoleh pada penelitian dibuat menggunakan software SPSS19.Analisis  digunakan penelitian ini ialah analisis regresi berganda Hasil Penelitian menunjukan: (1)Youtube (X1) Mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap wisatawan berkunjung (Y). (2) Facebook (X2) Mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap wisatawan berkunjung (Y). (3) Instagram (X3) Mempunyai pengaruh secara simultan terhadap wisatawan berkunjung (Y)di Benteng Marlborough. (4) Youtube, facebook dan instagram berpengaruh secara simultan.

Full Text:

PDF

References


Afifah, L., Najamuddin, M., & Humaeira, B. (2019). Efektivitas Media Promosi Pada Produk Sandwich Goreng Merek Royal Sandwich. Agribusiness Journal, 13(1), 1–17. Https://Doi.Org/10.15408/Aj.V13i1.11868

Albarq, A. N. (2013). Measuring The Impacts Of Online Word-Of-Mouth On Tourists’ Attitude And Intentions To Visit Jordan: An Empirical Study. International Business Research, 7(1). Https://Doi.Org/10.5539/Ibr.V7n1p14

Andih, D. C., Warokka, M. N., & Sangary, F. (2022). Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Pada Objek Wisata Tuur Maásering Tomohon. Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata Edisi, 1(5), 211–220.

Arjana, I Gusti Bagus, 2016, Geografi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Edisi 1, Cetakan 2, Rajawali Pers, Jakarta.

Aqsa, M. (2018). Pengaruh Iklan Online Terhadap Sikap Dan Minat Beli Konsumen Secara Online Di Kota Palopo (Survei Pada Pengguna Internet Di Kota Palopo). Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 82–93.

Barokah, S., Wulandari, O. A. D., Sari, M. T., & Yuditama, I. F. (2021). Optimalisasi Digital Marketing Melalui Facebook Ads Di Kelurahan Purwanegara. Jurnal Abdimas Bsi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–22. Https://Doi.Org/10.31294/Jabdimas.V4i1.7085

Elly Amalia Sholikha.Pdf. (N.D.).

Hair, Joseph F. Jr, Et Al. Multivariate Data Analysis. 2010. (N.D.).

Indah, D. R., & Maulida, Z. (2017). Analisis Efektifitas Iklan Media Televisi Menggunakan Epic Model ( Studi Kasus Produk A Mild Di Kota Langsa ). Penelitian Ekonomi Akuntansi, 1(2), 137–149.

Indriastuty, N. (2020). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Pengunjung Wisata Budaya Pesta Adat Erau. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 61. Https://Doi.Org/10.24198/Jmk.V4i2.23264

Indriwati Achmad, S., Hariati, & Nurliah. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Facebook Dalam Meningkatkan Partisipasi Pendengar Pada Program Siaran Korean Attack Di Rri Pro 2 Samarinda. Llmu Komunikasi, 6(1), 2502–5961.

Irsyad, F. (2021). Implementasi Video Youtube Sebagai Media Promosi Di Suska Tv.

Jalilvand, Mohammad Reza Dan Neda Samiei.2012. The Effect Of Electronic Word Of Mouth On Brand Image And Purchase Intention: An Empirical Study In The Automobile Industry In Iran. Marketing Intelligence & Planning. Vol. 30 Iss: 4.

Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, Philip Dan Keller, Kevin Lane. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: Pt Indeks.

Lukitaningsih Ambar. (2013). Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Ambar Lukitaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129. Https://Ejurnal.Unisri.Ac.Id/Index.Php/Ekonomi/Article/View/670

Mahendra, B. (2017). Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instgram. Jurnal Visi Komunikasi, 16(01), 151–160. Www.Frans.Co.Id

Mulyana, M. (2019). Inisiasi Viii Strategi Promosi Dan Komunikasi. Materi Tutorial Online Ekma 4216 Manajemen Pemasaran, 57–63.

Rahma, F. N., & Handayani, H. R. (2013). 2919-5501-1-Sm. 2, 1–9.

Ramadhan, A. (2015). Pengaruh City Branding Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei Pada Wisatawan Kota Surabaya 2015). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 28(2), 86456.

Redi, P. (2019). Komunikasi Pemasaran: Pemasaran Sebagai Gejala Komunikasi Dan Komunikasi Sebagai Strategi Pemasaran. In Prenada Media Group. Www.Prenadamedia.Com

Romadhan, M. I., & Rusmana, D. S. A. (2017). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. Prosding Seminar, 85–90.

Rovans, F. (2022). Pengaruh Event Sissca (Sawahlunto International Songket Carnaval), Konten Video Youtube Serta Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Ke Destinasi Wisata Di Kota Sawahlunto (Doctoral Dissertation, Universitas Andalas).

Widagdyo, K. G. (2017). Pemasaran, Daya Tarik Ekowisata, Dan Minat Berkunjung Wisatawan. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(2), 261–276. Https://Doi.Org/10.15408/Ess.V7i2.5411

Winarto, H., & Chandra. (2002). Strategi Pemasara. Majalah Ilmiah Ekonomika, 14(1), 124–128.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v7i3.8784

Article Metrics

Abstract - 401 PDF - 295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International