THE INFLUENCE OF GREEN PRODUCT, GREEN PRICE, GREEN PROMOTION, AND GREEN PRICE ON REPURCHASE INTEREST IN TUPPERWARE PRODUCTS IN GRESIK DISTRICT

Sania Awalia Lutfi, Indro Kirono

Abstract


Plastik telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Sifat plastik yang tidak dapat didaur ulang menimbulkan beberapa pertanyaan mengenai keamanan penggunaannya sebagai wadah makanan dan minuman. Sehingga terdapat permintaan pelanggan yang signifikan terhadap barang-barang plastik yang mengutamakan keselamatan kesehatan dan ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk untuk mengetahui faktor yang mendorong minat beli ulang pada produk Tupperware serta mengidentifikasi beberapa faktor yang  berpengaruh pada produk berdasarkan variabel green product, green price, green promotion, dan green place. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan eksplanatori, teknik kuantitatif, dan analisis regresi linier. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan berbagai metode statistik seperti pemeriksaan validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, hingga uji hipotesis. Software SPSS 24 merupakan alat yang digunakan untuk mendapatkan hasil paa penelitian ini. Partisipan penelitian diharuskan sudah pernah melakukan pembelian produk Tupperware sebelumnya, dengan penekanan khusus pada pelanggan dari Kabupaten Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara statistik antara Green Produk, green price, dan green place untuk membeli kembali atau memesan ulang produk atau jasa akibat faktor-faktor tersebut. Namun, tidak terdapat korelasi antara green promotion dengan kecenderungan pembeli untuk membeli kembali produk tersebut.

Full Text:

PDF

References


Adha, L. A. (2020). Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan Dan Hubungan Kerja Di Indonesia. Journal Kompilasi Hukum, 5(2), 267–298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49

Brilian, A. P. (2022). Sosok Pencipta Tupperware, Wadah Makanan yang Dipakai di 100 Negara. DetikFinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6306696/sosok-pencipta-tupperware-wadah-makanan-yang-dipakai-di-100-negara

Bürgin, D., & Wilken, R. (2022). Increasing Consumers’ Purchase Intentions Toward Fair-Trade Products Through Partitioned Pricing. Journal of Business Ethics, 181(4), 1015–1040. https://doi.org/10.1007/s10551-021-04938-6

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2015). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP) 2020, 73–79.

Ghozali, I. (2013). Analisis Aplikasi Multivariate dengan Proses SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, A., & Sunardi, H. (2016). Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Gesit Nusa Tangguh. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 16(1), 98066.

Habibah, M., & Amirudin, N. (2023). PENGARUH MENGHAFAL AL- QUR ’ AN TERHADAP PEMBENTUKAN. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2).

Harto, B. (2023). Green marketing for business (Issue June).

Hati, S. W., & Kartika, A. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Kosmetik MerekThe Body Shop ( Studi pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Bisnis di Politeknik Negeri Batam yang Menggunakan Produk Kosmetik Merek The Body Sh. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), 120–127.

Irsalina, N., & Susilowati, H. (2023). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. 3(1), 41–51.

Kusuma, E. I., Surya, J., & Suhendra, I. (2013). PENGARUH STRATEGI GREEN MARKETING DAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada member Tupperware di Kota Rangkasbitung). 14(04), 1–10.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.

Makatumpias, D., Moniharapon, S., Tawas, H. N., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Green Product Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Dimanado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 4063–4072.

Mamahit, L. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Dalam Kemasan des PPada Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarya. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(3), 339–345.

Maulana. (2016). Statistika dalam Penelitian Pendidikan.

Mauludi, F. (2021). Strategi Green Marketing Mix Dalam Meningkatkan Citra Merek Pijakbumi Dan Loyalitas Pelanggan Milenial. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Nanincova, N. (2019). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN NOACH CAFE AND BISTRO. AGORA, 7(2).

Nata, M. P. H. (2020). Gerakan Pemberdayaan Perempuan Indonesia Oleh MultinationalCorporation Tupperware Di Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

Niaz, M. (2014). Antecedents Affecting Customer ’ s Purchase Intentions towards Green Products. Journal of Sociological Research, 5(1), 273–289.

Nurmalasari. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Akademi Kebidanan Aisyiyah Pontianak. 2(2), 184–197.

Prastiyo, Y. (2016). PENGARUH GREEN MARKETING TOOL’S TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(6), 3449–3475.

Putra, D. R., & Prasetyawati, Y. R. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Green Product Starbucks. Jurnal METRIS, 22(01), 49–56. https://doi.org/10.25170/metris.v22i01.2664

Rahmawati, R. (2019). GREEN PRODUCT : PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK , PENGETAHUAN PEMBELIAN DAN PEMBELIAN. 19(1), 60–68.

Sari, B., & Mahanani, E. (2017). Analisis Pengaruh Harga, Produk, Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Telon Lang. Jurnal STEI Ekonomi, 26(02), 296–316. https://doi.org/10.36406/jemi.v26i02.238

Savitri, M. H., Suhariyono, & Kusumawati, A. (2016). Keputuasan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen ( Survei pada Konsumen Tupperware di Distributor Resmi PT Adicitra Prima Kencana Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis, 40(2), 7–16.

Sawitri, I. G. A. T. D., & Rahanatha, G. B. (2019). PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen, 8(8), 5267–5284.

Seferan, F. A. A. (2019). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Air Mineral Merk Ades di Kota Malang). Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim.

Soedargo, N. P., Wisana, K., & Kristanti, M. (2018). Pengaruh Green Marketing Terhadap Sikap Konsumen dan Minat Beli Ulang di Green Hotel di Indonesia. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(2), 197–205.

Sofwan, H., & Wijayangka, C. (2021). the Effect of Green Product and Green Price on the Purchase Decision of Pijakbumi Products. E-Proceeding of Management, 8(5), 6054–6066.

Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mix Methods) (D. I. Sutopo (ed.); Ed. 2). ALFABETA,CV , 2020.

Widanti, A., Abdillah, W., & Murni, T. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Konsumen Hypermart. Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 172–186. https://doi.org/10.33369/insight.17.2.172-186

Wijaya, T. (2013). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Teori dan Praktik.

Wonok, P. G., & Loindong, S. (2018). Pengaruh Minat Transaksional, Refrensial, Dan Prefensial Terhadap Minat Mereferensikan Produk Roxy Di Quicksilver Mantos. Jurnal EMBA, 6(4), 2110.

Zaky, M. H., & Purnami, N. M. (2020). GREEN MARKETING MIX BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BIG TREE FARMS DI LOTUS FOOD SERVICES. E-Jurnal Manajemen, 9(2), 678–698.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v7i4.9641

Article Metrics

Abstract - 1383 PDF - 752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International