PENGARUH METODE DEMONSTRASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA KULIAH KESEHATAN MASYARAKAT DAN PROMOSI KESEHATAN

Suci Nurfajriah Nurfajriah, Linda Erianef Erianef

Abstract


Metode pembelajaran adalah cara atau pendekatan yang dipergunakan dalam penyajian atau menyampaikan materi kuliah. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar adalah metode pembelajaran dan minat mahasiswa terhadap materi pembelajaran. Tujuan umum Penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh metode demontrasi dan minat belajar terhadap hasil belajar mata kuliah kesehatan masyarakat dan promosi kesehatan pada mahasiswa semester V di Akademi Kebidanan Assyifa Tangerang periode Agustus tahun 2017. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisa data quasi experimental. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan melakukan pre-test dan post-test pada metode demonstrasi sebagai kelompok intervensi dan metode ceramah sebagai kelompok kontrol serta kuesioner untuk mengetetahui minat belajar siswa. Populasi dan sampel berjumlah 70 siswa dibagi 2 kelas. Dari hasil penelitian uji statistik non parametik two realed sampel test wilcoxon,distribusi frekuensi nilai yang diberikan metode demonstrasi sebagai kelompok intervensi pada mata pelajaran kesehatan masyarakat dan promkes, nilai pre-test dan post-test terjadi peningkatan yang signifikan. Hasil statistik dengan wilcoxon menunjukkan nilai Z Hitung sebesar-3,741> dengan nilai Asymp Sig 0,000 (p<0,05) dengan demikian Ha diterima artinya ada pengaruh metode demonstrasi dengan hasil belajar pretest dan post-test mata pelajaran Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan. Hasil statistik dengan wilcoxon menunjukkan nilai Asymp Sig 0,000 (p< 0,05) dengan demikian Ha diterima artinya ada pengaruh metode demonstrasi dengan minat belajar pelajaran Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan. Hasil uji two realed sampel test Wilcoxon didapat nilai p value 0,000 (α<0,05) maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar dengan metode demonstrasi pada mata kuliah kesehatan masyarakat dan promosi kesehatan

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Umar Fahmi.2013. Kesehatan

Masyarakat. Jakarta : Raja

Grafindo Persada.

Adesanjaya.blogspot.com/2011/03/strat

egi-pembelajaran. http://. diakses

tgl 11 Februari 2017

Aqib, Zainal. 2016. Kumpulan Metode

Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif. Bandung : Sarana Tutorial Nurani

Sejahtera.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian

Tindakan Kelas.Jakarta. PT Bumi

Aksara.

Cahyani/2013/ prinsip-peranan- motivasi-belajar.http:// html.

diakses tgl 11 Februari 2017

Darajaad, Raafiud. Dhiah,

Fitrayati.2016. Pengaruh minat

belajar dan jam belajar terhadap

prestasi belajar siswa pada mata

pelajaran ekonomi di siswa kelas

XI IPS 3 SMA Negri 1 Kesamben

Kabupaten Jombang. Jurnal

Pendidikan Ekonomi. Vol 4 No.3

Edisi Yudisium 2016.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008.

Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka

Cipta

Erlangga, Aden, Kadek Rihendra

Dantes, I Gede Nurhayata.

Pengaruh Metode Pembelajaran

Demonstrasi Terhadap Minat

Belajar Siswa Kelas X Teknik

Instalasi Tenaga Listrik Pada Sub

Kompetensi Melakukan Pekerjaan

Mekanik Dasar Di SMK Negeri 3

Singaraja. Volume 3 Tahun 2014

Iftikhah, Rizka. 2013. Pengaruh

Perhatian Terhadap Motivasi

Belajar Siswa.

Iskandar, 2009. Psikologi Pendidikan

Sebuah Orientasi Baru. Jakarta :

Gunung Persada Pers

Khadijah, Nyanyu.2006. Psikologi

Belajar. Palembang : IAIN Raden

Fatah Press

Kustini, Helmi. 2008. Pengaruh

Pendidikan Kesehatan Tentang

Penyakit DBD Terhadap Perilaku

Aktif pencegahan Penyakit DBD

Pada Ibu-Ibu Warga Minapadi

Kelurahan Nusukan Kota

Surakarta.Vol.1 No. 1, Maret 2008:

-42

Kuswanti,Pita, 2013, Pengaruh

Kompetensi Profesional dan

Motivasi Kerja Guru Terhadap

Hasil Belajar Siswa di SMK I

Sukoharjo.

Maryunani, Anik. 2013. Perilaku Hidup

Bersih dan Sehat. Jakarta : CV.

Trans Info Media

Notoadmodjo, soekidjo.2010.

Metodologi Penelitian

Kesehatan.Jakarta : Rineka Cipta

Purnomo, Hadi, 2015. Pengaruh

penggunaan metode pembelajaraan

demonstrasi terhadap minat minat

dan prestasi belajar siswa pada

kompetensi sistem listrik otomotif kelas XI pada jurusan teknik

kendaraan ringan di SMK PIRI 1

Yogyakarta. e-Journal JJPTE

Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan S1 Pendidikan Teknik

Elektro (Volume 3 Tahun 2014)

Rahmawati, L, 2013, Februari.

Hubungan minat peserta didik

pada mata kuliah askeb I dengan

hasil belajar peserta didik di

STIKes Mercu Bakti Jaya Padang. Vol. VIII, No. 1

Sari,fitria, Juni 2008/Jurnal Pendidikan

Penabur minat dan motivasi

belajar siswa - No.10/Tahun ke- 7/Juni 2008.http://. diakses tgl

Desember 2017

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003.

Landasan Psikologi Proses

Pendidikan. Bandung : PT

Remaja Rosdakarya.

Sunarti, Sri. 2010. Hubungan

Penerapan Metode Ceramah,

Diskusi Dan Penugasan Dengan

Hasil Pembelajaran Mata

Pelajaran IPS / Sejarah Bagi

Peserta Didik

Syah, Muhibbin.2009. Psikologi

Belajar. Jakarta : : PT.Raja

Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin.2017. Psikologi

Pendidikan dengan Pendekatan

Baru. Jakarta : PT. Remaja

Rosdakarya

Wahab, Rahmalina. 2015. Psikologi

Pendidikan. Palembang :IAIN

Raden Fatah Press

Wahab, R .2015. Psikologi Belajar .

Jakarta : PT.Raja Grafindo

Persada.

Wibawa, Cahya. 2007. Perbedaan

efektifitas metode demonstrasi

dengan pemutaran video tentang

pemberantasan DBD terhadap

peningkatan pengetahuan dan

sikap anak SD di kecamatan

Wedarijaksa kabupaten Pati. Vol

/ No.2/ Agustus 2007

Wigunantiningsih, A. 2005. Hubungan

Antara Motivasi Dengan Prestasi

Belajar Mahasiswa Akademi

Kebidanan Mitra Husada Karang

Anyar Semester I Tahun

/2006. UNS. KTI




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/imj.v2i1.3008

Article Metrics

Abstract - 594 PDF - 558

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/imj.v2i1.3008.g1817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Midwifery Journal Indexed By

googleGarudacrossref   dimentionbase