HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI D-III KEBIDANAN FIKES UMT TA 2017/2018

Dandy Utama Jaya, Hikmah Hikmah Hikmah, Astrisa Faadhilah Faadhilah

Abstract


Keberhasilan pendidikan dapat dievaluasi atau dilihat dari prestasi belajar yang telah dicapai. Prestasi belajar disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kecerdasan emosi. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosi dalam keadaan apapun akan dapat menggunakan seluruh potensi yang dimilikinya secara efektif untuk meningkatkan hasil prestasi belajarnya. Tujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar pada mahasiswa semester IV Prodi DIII Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tangerang. Penelitian ini bersifat deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 139 mahasiswa. Sampel yaitu 100 mahasiswa dengan menggunakan proposional random sampling.. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala kecerdasan emosi dan dokumentasi atau arsip Kartu Hasil Studi (KHS) mahasiswa. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan SPSS 19. Hasil p-value < 0,05, ini berarti terdapat hubungan antara kemampuan mengenali emosi, mengelola emosi, memotivasi diri, dan mengenali emosi orang lain dengan prestasi belajar namun tidak terdapat hubungan antara membina hubungan danĀ  prestasi belajar, karena hasil p-value > 0,05

Full Text:

PDF

References


Goleman, Daniel. (2002). Emitional

Intelligence (terjemahan). Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. (2000). Working With

Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gottman, John. (2001). Kiat-kiat

Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional (terjemahan). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hartanti. Yuwanto, L., Pambudi, I., Zaenal, T.,

Lasmono, H. (2004). Aspek Psikologi dan Pencapaian Prestasi Atlet nasional Indonesia.Anima Indonesian Psycological Journal.

Imron, Moch. (2010). Metodologi Penelitian

Bidang Kesehatan. Jakarta : CV Sagung Seto

Muhibbin, Syah. (2010). Psikologi Pendidikan

dengan Suatu Pendekatan baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ngalim, Purwanto. (2010). Penilaian Hasil

Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke dua puluh empat. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rob yeung, (2009). Emotional Inteligence:

The New Rules. Jakarta: Publishing One.

Rahmawati Sukma, Frenty (2010). Hubungan

Antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa D IV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Skripsi: Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Saifuddin Azwar, (2002). Pengantar Psikologi

Inteligensi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Sia, Tjundjing. (2001). Hubungan Antara IQ,

EQ, dan QA dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Jurnal Anima Vol.17 no.1

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta

Sumadi, Suryabrata. (2006). Psikologi

Kepribadian. Jakarta : PT Rajawali Pers.

Sumadi, Suryabrata. (2008). Metodologi

Penelitian. Cetakan sebelas. Jakarta : PT Rajawali Pers.

Timang, S.L. (2006).Pendidikan dan Manusia

from www.Ipmak.org diakses 5 Februari 2012

Tu'u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku

dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT.Grasindo,

Wijaya, Toni (2012). Cepat Menguasai SPSS

Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/imj.v3i1.3253

Article Metrics

Abstract - 429 PDF - 751

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/imj.v3i1.3253.g1960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Midwifery Journal Indexed By

googleGarudacrossref   dimensionsbase