ANALISIS FAKTOR MULTIPARA DAN STATUS KERJA IBU DENGAN PEMBERIAN MP-ASI DINI PADA BAYI UMUR 0-6 BULAN DI PUSKESMAS MOTOBOI KECIL

Muzayyana Muzayyana

Abstract


Makanan Pendamping Air Susu Ibu (ASI) yang di berikan terlalu dini sebelum bayi berusia ≥6 bulan dapat berisiko obesitas, serta asupan makanan dan minuman kecuali ASI berakibat imunitas bayi menurun dan terjadi alergi sehingga meningkatkan keadaan sakit pada bayi, sehingga mengganggu tumbuh kembang bayi. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional dengan pendekatan observasi, dilakukan padabulan Juli-Agustus Tahun 2020. Populasi a penelitian berjumlah 169 bayi. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 responden, sampel di tentukan berdasarkan rumus slovin. Diketahui bahwa hubungan paritas dengan pemberian MP-ASI sangat signifikan (P=0.000) dan terdapat hubungan yang signifikan antara pekerjaan dengan pemberian MP-ASI (P=0.0147). Terdapat hubungan antara paritas dengan pemberian MP-ASI dini, Ibu dengan paritas tinggi lebih berisiko melakukan Pemberian MP-ASI dini pada bayinya. Paritas multipara lebih dominan memberikan MP-ASI dini pada bayinya. Terdapat hubungan antara ibu yang bekerja dengan pemberian MP-ASI dini, ibu yang bekerja akan lebih sering menghabiskan waktu di luar rumah sehingga pemberian ASI eksklusif tidak dapat dilakukan dengan rutin, serta faktor sosial budaya terkait pemahaman terhadap tumbuh kembang bayi yang lebih cepat apabila bayi di beri MP-ASI lebih dini, sehingga mempengaruhi mindset ibu terkait pemberian MP-ASI.

Full Text:

PDF

References


Afriyani, R., Shintya, H. & Hetty, R., 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian MP-ASI Pada Bayi Usia 0-6 Bulan di UPTD Puskesmas Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan. Jurnal Kesehatan, VII(2), pp. 260-265.

Damanik, N., Erna, M. & Maya, F., 2015. Faktor-Fakor Yang Mempengaruhi Ibu Dalam Pemberian Makanan Pendamping ASI Terlalu Dini di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan, Medan: Fakultas Kesehatan Masyarakat USU.

DEPKES, RI, 2010. Pemberian Makanan Pendamping ASI, Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Dewi, M. & Indah, 2017. Hubungan Pendidikan dan Pekerjaan Ibu Terhadap Pemberian MP-ASI dini Pada Balita Usia 6-24 Bulan. Jurnal Ilmu Kebidanan, 15(1), pp. 129-136.

Indriati, 2008. ASI Susu Formula dan Makanan Bayi. Yogyakarta: Cempaka.

KEMENKES RI, 2016. Pusat Data Informasi Situasi dan Analisis ASI Ekslusif, Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kumalasari, 2015. Faktor-Faktor Yang Berhungan Dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI Dini. Riau, s.n.

Mariani, N. N., Hendi, H. H. & Ginting, S. N., 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian MP-ASI Dini di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan. Jurnal Kesehatan, VII(3), pp. 235-241.

Mutmainnah, F., 2010. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penetahuan Ibu Dalam Memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu di Puskesmas Motoboi Kecil. Ilmu Keperawatan UIN Syahib Jakarta, 3(2), pp. 16-23.

Nana, A., 2013. Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Pemberian MP-ASI Dini di UPTD Puskesmas Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan. maternity and Neonatal, II(1), pp. 47-55.

Notoatmodjo, S., 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmojo, S., 2010. Promosi Kesehatan Teori dan Praktik. Jakrta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/imj.v4i1.3909

Article Metrics

Abstract - 458 PDF - 370

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/imj.v4i1.3909.g2104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Midwifery Journal Indexed By

googleGarudacrossref   dimentionbase