PROMOSI KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO DALAM MENGUBAH PENGETAHUAN DAN SIKAP WANITA USIA SUBUR TENTANG INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT TEST

Sophia Sophia, Lina Haryani, Ranti Widayanti, Tuti Lastiari

Abstract


Kanker serviks menjadi salah satu penyebab kematian pada wanita. Di Indonesia, total kasus kanker tahun 2020 mencapai 396.914 kasus dengan total kematian sebesar 59%. Penanggulangan kanker serviks dimulai dari        pencegahan primer, salah satunya dengan promosi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan. Pengetahuan yang meningkat akan menimbulkan sikap yang positif. Penggunaan media video dapat menambah daya tarik, serta dapat mempermudah pemahaman. Tujuan penelitian untuk menganalisis promosi kesehatan melalui media video dalam mengubah pengetahuan dan sikap                Wanita Usia Subur (WUS) tentang IVA Test. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan one group pretest posttest design. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Juli-Agustus 2022 pada 25 WUS yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Melong Tengah Kota Cimahi yang diambil dengan teknik Purposive sampling. Pengumpulan data pengetahuan dan sikap menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji wilcoxon dan paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan yang signifikan pada pengetahuan menjadi lebih baik  dan lebih positif pada sikap sebelum dan sesudah diberikan promosi kesehatan melalui media video (P Value=0.000). Disarankan Bidan dapat memberikan  promosi kesehatan yang lebih variatif dengan memaksimalkan fungsi pancaindera melalui media video sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang IVA Test.

 

Cervical cancer is one of the causes of death in women. In Indonesia, the total number of cancer cases in 2020 reached 396,914 cases with a total death rate of 59%. Prevention of cervical cancer starts with primary prevention, one of which is health promotion to increase knowledge. Increased knowledge will lead to a positive attitude. The use of video media can add to the appeal, and can facilitate understanding. The research objective was to analyze health promotion through video media in changing the knowledge and attitudes of Women of Reproductive Age (WUS) about the IVA Test. The research method used was a quasi experiment with a one group pretest posttest design. The research was conducted in July-August 2022 in 25 WUS in the Working Area of the Central Melong Health Center, Cimahi City, which were taken using a purposive sampling technique. Collection of data on knowledge and attitudes using a questionnaire. Data analysis was performed univariately and bivariately with the Wilcoxon test and paired t-test. The results showed that there was a significant change in knowledge for the better and more positive attitudes before and after being given health promotion through video media (pvalue = 0.000). It is suggested that midwives can provide a more varied health promotion by maximizing the function of the five senses through video media as an effort to increase knowledge and attitudes about the IVA Test.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar (2019) Media Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Azwar (2011) Sikap manusia:Teori dan Pengukuran. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Budiyanto (2016) Efektivitas Pemanfaatan Media Leaflet dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Mencuci Tangan dengan Sabun. Malang: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Dinas Kesehatan Jawa Barat (2021) Profil Kesehatan jawa Barat tahun 2020.

Dinas Kesehatan Kota Cimahi (2021) Profil kesehatan Kota Cimahi Tahun 2020.

Fridayanti, W. and Agustina, E.E. (2018) ‘Efektivitas Promosi Kesehatan Terhadap Perilaku IVA Test Pada Wanita Di Wilayah Puskesmas Sukoharjo 1 Tahun 2016’.

Kemenkes RI (2019) Buku Acuan dan Modul Pelatihan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Payudara di Indonesia. 2019th edn.

Kemenkes RI (2021) Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020.

Kementerian Kesehatan RI (2015) Cervical Cancer Estimated Incidence, Mortality and Prevalence Worldwide 2012. Available at: http://globocan.iarc.fr/old/FactSheets/cancers/cervix-new.asp.

Kementerian Kesehatan RI (2020) Profil Kesehatan Indonesia tahun 2019. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kholid, Ahmad (2012) Promosi Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Lubis, A.U. and Tanjung, W.W. (2021) ‘Pengaruh Media Leaflet dan Film Terhadap Pengetahuan Tentang Kanker Serviks dan Partisipasi Wanita Dalam Deteksi Dini kanker Serviks Di kampung Darek Kecamatan Padangsidimpuan Selatan’, Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia / Indonesian Health Scientific Journal, 6(1), pp. 7–13. Available at: https://doi.org/10.51933/health.v6i1.393.

Mulyati (2015) ‘Pengaruh Media Film terhadap Sikap Ibu pada Deteksi Dini Kanker Serviks’, 11(1), pp. 16–24.

Puskesmas Melong Tengah (2021) Laporan Tahunan Puskesmas Melong Tengah.

Rima Wati, Ega (2016) Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata pena.

Saputra (2016) Pengaruh Pemberian Edukasi Gizi Melalui Media Video dan Leaflet Terhadap Perubahan Konsumsi Buah dan Sayur pada Siswa SMP Al Chasanah Tahun 2016. Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu KesehatanUniversitas Esa Unggul.

Silalahi, V., Hakimi, M. and Lismidiati, W. (2018) ‘Efektivitas Audiovisual dan Booklet sebagai Media Edukasi untuk Meningkatkan Perilaku Skrining IVA’, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 14(3), p. 304. Available at: https://doi.org/10.30597/mkmi.v14i3.4494.

WHO (2018) Cervical cancer. Available at: https://www.who.int/health-topics/cervical-cancer (Accessed: 21 December 2022).

WHO (2020) International Agency for Research on Cancer, Global Cancer Obsevatory of Breast Cancer 2020.

Wirawan, S., Abdi, L.K. and Sulendri, N.K.S. (2014) ‘PENYULUHAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN KONVENSIONAL TERHADAP PENGETAHUAN IBU ANAK BALITA’, KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), pp. 80–87. Available at: https://doi.org/10.15294/kemas.v10i1.3073.

Wulandari, S. (2019) ‘Hubungan Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang Kanker Serviks Dengan Keikutsertaan Dalam Melakukan IVA Test Di Puskesmas Tambusai Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2018’, Jurnal Martenity and Neonatal, 7(1), pp. 327–340.

Yuliana (2017) Analisis Pengetahuan Siswa Tentang Makanan yang Sehat dan Bergizi Terhadap Pemilihan Jajanan di Sekolah. Universitas Muhammdiyah.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/imj.v6i1.7529

Article Metrics

Abstract - 439 PDF - 358

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/imj.v6i1.7529.g3761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Midwifery Journal Indexed By

googleGarudacrossref   dimentionbase