PENGARUH REBUSAN DAUN SELEDRI TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI DI DESA BACANG KECAMATAN BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES

Siti Aisyah, Harita Mulya

Abstract


Hipertensi adalah tekanan darah tinggi yang bersifat abnormal dan dapat diukur paling tidak pada tiga kesempatan yang berbeda. Secara umum, seseorang dianggap mengalami hipertensi apabila tekanan darahnya lebih dari 140/90 mmHg.Word Health Organization (WHO) menyebut bahwa hipertensi menyerang 22% dari total penduduk dunia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh rebusan daun seledri terhadap penurunan tekanan darah pada lansia hipertensi di Desa Bacang tahun 2021. Penelitian ini dilakukan dengan desain pendekatan Pre-Experimental design dengan bentuk One Group Pre-test dan Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia yang mengalami hipertensi sebanyak 15 lansia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan pada suatu pertimbangan tertentu yang dibuat oleh peneliti sendiri sebanyak 16 responden. Uji statistik yang digunakan adalah uji wilxocon. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa dari hasil Uji wilcoxon diperoleh nilai Z hitung untuk tekanan darah sistole sebesar dengan p-value sebesar 0.001. oleh karena p-value 0.001< α (0.05), dan Z hitung untuk tekanan darah diastole sebesar dengan p-value 0.000. Oleh karena kedua p-value tersebut <α (0.05) maka Ho di tolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh rebusan daun seledri terhadap penurunan tekanan darah pada lansia hipertensi di Desa Bacang tahun 2021. Bagi Desa Bacang, disarankan pada petugas kesehatan lebih meningkatkan pelayanan untuk memberikan informasi kesehatan khususnya pada lansia hipertensi.


Full Text:

PDF

References


Meliansyah PA, Suratini (2018). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Tingkat Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi Di Pstw Budhi Luhur Kasongan Bantul Yogyakarta.

Retnaningsih D (2018) . Buku Referensi Keperawatan Gerontik, Bogor: Media;.

Anitasari. Hari Hipertensi Dunia (2019) : "Know Your Number, Kembalikan Tekanan Darahmu Dengan Cerdik". From Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular. 2019 [Internet].

Riskesdas K (2018). Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (RISKESDAS). J Phys A Math Theor [Internet].

Kemenkes (2016). Info datin (pusat data dan informasi kementrian RI). kementeri kesehatan RI.

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2018 [Indonesia Health Profile] [Internet].

Laporan Provinsi Aceh RISKESDAS 2018.

Apriliano (2018). Seledri Bagi Kesehatan Tubuh. from http://artikelkesehatan.com/html.

Hariana Arief (20160. Tumbuhan Obat Dan Khasiatnya. Yogyakarta.

Nurngaini Asmawati (2016). Efektivitas Seledri Dalam Menurunkan Tekanan darah Pda Lansia Penderita Hipertensi Di Posyandu Lansia Kelurahan Pajar Bulan Kecamatan Way Tenong Lampung Barat.

Diah Evawanna Anuhgera Dkk (2020). Pengaruh Pemberian Rebusan Daun Seledri (Apium Graveolens L) Terhadap Tekanan Darah Pada Wanita Menopause Dengan Hipertensi.

Asep Badrujamaludin Dkk, (2020) Perbedaan Air Rebusan Daun Seledri Dan Air Rebusan Daun Salam Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pra Lansia Dengan Hipertensi Primer.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/imj.v6i1.7732

Article Metrics

Abstract - 923 PDF - 932

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/imj.v6i1.7732.g3819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Midwifery Journal Indexed By

googleGarudacrossref   dimentionbase