EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG SADARI MELALUI VIDEO DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DI SMP NUSANTARA 1 TANGERANG

Merlin Puspitasari, Azizah Al Ashri Nainar, Hikmah Hikmah

Abstract


Kanker salah satu penyakit yang paling banyak terjadi di dunia sebesar 18,1 juta kasus, dengan angka kematian sebesar 9,6 juta, sedangkan kejadian kanker payudara sebesar 11,6% dengan presentase kematian sebanyak 6,6%. Salah satu cara yang paling efektif yang dapat dilakukan oleh wanita untuk deteksi dini kanker payudara adalah dengan melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan tentang SADARI melalui video dan leaflet terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri di SMP Nusantara 1 Tangerang. Desain penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan rancangan One Group Pretest Postest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswi remaja putri di SMP Nusantara 1 Tangerang menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 87 responden. Hasil menunjukkan bahwa mean pengetahuan siswi sebelum diberikan pendidikan kesehatan dengan media leaflet (6,24) dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan dengan media leaflet (12,02) dan menggunakan media video nilai mean pengetahuan siswi sebelum diberikan pendidikan kesehatan (7,73) dan sesudah diberikan Pendidikan Kesehatan (14,06). Hasil penelitian ini didapatkan hasil p.value=0,01 yang artinya a<0,05. Maka dapat diketahui Ho ditolak yaitu adanya efektifitas Pendidikan Kesehatan tentang SADARI melalui video dan leaflet terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri di SMP Nusantara 1 Tangerang. Kesimpulan penelitian adalah Berdasarkan perbedaan peningkatan nilai mean dapat disimpulkan pendidikan kesehatan melalui media video lebih efektif dibandingkan dengan media leaflet terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri.

Full Text:

PDF

References


A Wawan dan Dewi M. (2017). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Nuha Medika.

Ayu, Pratiwi, dkk. (2018). Pendidikan Kesehatan mengenai pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) terhadap nilai pengetahuan dan sikap remaja putri.

Dinas Kesehatan Provinsi Banten. 2020. Diakses dari https://dinkes.bantenprov.go.id/read/profil-kesehatan-provinsi-bant/180/Profil-Kesehatan-Provinsi-Banten-Tahun-2020.

Humariya, dan Muhammad, R. (2019). Knowledge, attitudes, and practices related to breast cancer screening among female health care professionals: a cross sectional study. BMC Women's Health. Vol 19:122

Imas, Masturoh, dkk. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan.

Mulyani dan Rinawati. (2017). Kanker Payudara. Jakarta

Novaria, dkk. (2019). Efektifitas penyuluhan kesehatan sadari dengan media video terhadap pengetahuan pada remaja putri di SMK Muhammadiyah Cawas Klaten. Journal.

Niluh, Miftahul, dkk. (2020). Perbandingan efektifitas pendidikan kesehatan dengan media leaflet dan audio visual dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

Notoatmodjo, Soekidjo (2003). Ilmu kesehatan masyarakat.

Notoatmodjo, Soekidjo (2018). Metodologi Penelitian kesehatan. Rineka Cipta.

Novita. (2016). Buku Ajar Promosi Kesehatan (Taufik ismail (ed.)). CV. Trans Info Media.

Novita, (2016). Buku Promosi Kesehatan. CV. Trans Info Media.

Nursalam. 2016, Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis. Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika

Pamungkas, Z. 2011. Deteksi Dini Kanker Payudara Kenali Sebab-sebab dan cara antisipasinya. Yogyakarta: Buku Biru.

Rita Dadzi, dkk. (2019). Assesment of knowledge and practice of breast self-examination among reproduktive age woman in Akatsi soulth district of volta region of Ghana.

Sitiatava Rizema Putra. (2015). Buku lengkap Kanker Payudara. Laksana.

Sri Rahayu, M. K. (2016). Praktikum Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana.

Suheri, Edi. (2016). Pengaruh penyuluhan kesehatan menggunakan media video dan leaflet terhadap pengetahuan dan sikap siswi dalam pemeriksaan payudara sendiri di SMAN 1 Sampang 4 dan SMAN 1 Kisaran Tahun 2016". Universitas Sumatera Utara. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Sri, J, dan Yarmaliza. (2021). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Malalui Video Terhadap Perilaku Remaja Dalam Pemeriksaan Payudata Sendiri (SADARI) DI SMKN 1 Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Jurnamakemas. Volume 1 (2).

Yustiana, Olfah. (2013). Kanker Payudara SADARI. Nuha Medika.

Yesi, Maifita. (2017). Pengaruh pendidikan kesehatan tentang sadari sebagai deteksi dini kanker payudara terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri di SMK Negeri 2 Kota Pariaman Tahun 2017.

Zaviera, Pamungkas. (2011). Deteksi Dini Kanker Payudara (Elis Widayanti (ed.). Buku Biru.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/imj.v6i2.8653

Article Metrics

Abstract - 631 PDF - 396

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/imj.v6i2.8653.g4246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Midwifery Journal Indexed By

googleGarudacrossref   dimentionbase