PENGARUH KELAS BABY GYM TERHADAP KETERAMPILAN IBU UNTUK OPTIMALISASI TUMBUH KEMBANG ANAK

Lilik Ariyanti

Abstract


Stimulasi pada bayi perlu diberikan sejak dini agar tahap perkembangan bayi sesuai dengan usianya. Stimulasi yang diberikan dapat berupa stimulasi motorik kasar yaitu senam bayi yang berperan penting pada optimalisasi proses tumbuh kembang motorik anak. Oleh karena itu, orang tua perlu untuk diberikan pengetahuan mengenai kemampuan untuk melakukan senam bayi dengan diadakannya kelas pelatihan. UNICEF mengatakan bahwa kejadian gangguan pertumbuhan dan perkembangan masih relatif tinggi yaitu sekitar 27,5% (sekitar 3 juta anak) untuk perkembangan motorik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kelas baby gym terhadap keterampilan ibu untuk optimalisasi tumbuh kembang anak. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-experimental design dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian yaitu semua ibu yang memiliki bayi di Posyandu Pepe, dengan teknik purposive sampling didapatkan 15 responden penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden 93,3% berusia 20-35 tahun, 80,0% berpendidikan SMK, 73,3% bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga, 73,3% berpendapatan <1.900.000 dan 93,3% belum pernah mengikuti kelas baby gym. Terdapat 8 responden yang mengalami peningkatan keterampilan setelah diberikan kelas baby gym. Berdasarkan uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan hasil Asymp. sig. (2-tailed) (0,005) < p value (0,05). Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh kelas baby gym terhadap keterampilan ibu  untuk optimalisasi tumbuh kembang anak


Full Text:

Yulia_PDF

References


Ariyanti, L., Astriyana, S. (2019). Baby Massage Class : Improving the Skills of Mother ‘ S. Jurnal Kebidanan, 8(2), 89–93.

Kusyairi, I. (2008). Panduan Senam Bayi. Jakarta-10610: Puspa Swara.

Nurhayati, A., & Atmaja, H. E. (2021). Efektifitas program pelatihan dan pengembangan terhadap kinerja karyawan. Jebm, 18(1), 26–30. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA

Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Asatiza : Jurnal Pendidikan. 2(1), 64–76.

Rihlah, J. (2019). Makna Stimulasi Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Fisik Dan Mental. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(1), 9–20. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.499

Risnah, R., & Irwan, M. (2019). Dampak Penggunaan Modul Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Petugas Puskesmas. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 284. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i10

Rumahorbo, R. M., Syamsiah, N., & Mirah. (2020). Faktor-faktor Yang mempenegaruhi tumbuh kembang balita di Wilayah Kerja Puskesmas Pancur Batu Kabupaten Deli. Chmk Health Journal, 4(2), 158–165.

Zaidah, L. (2020). Pengaruh Baby Gym Terhadap Motorik Kasar Pada Anak Delayed Development Usia 3-12 Bulan Di Posyandu Melati Purbayan Kotagede Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Fisioterapi, 3(1), 8–14. https://doi.org/10.36341/jif.v3i1.974




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/imj.v7i1.8916

Article Metrics

Abstract - 109 Yulia_PDF - 91

DOI (Yulia_PDF): http://dx.doi.org/10.31000/imj.v7i1.8916.g4633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Midwifery Journal Indexed By

googleGarudacrossref   dimentionbase