Karasteristik Berpacaran dengan Kepercayaan Diri Remaja dalam Menjauhi Perilaku Seks Bebas

Muflih Muflih, Deden Iwan Setiawan

Abstract


Abstrak

Remaja mengalami proses kematangan seksualitas sehingga perlu dilakukan pengontrolan dorongan seksual dan pencegahan berperilaku seks bebas. Salah satu penyebab perilaku seks bebas pada remaja adalah kemampuan kepercayaan diri  (self efficacy) yang dipengaruhi oleh peranan berpacaran. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan kepercayaan diri remaja untuk menjauhi perilaku seks bebas terkait karakteristik berpacaran. Metode penelitian yang digunakan adalah observational analitik dengan desain crossectional. Sampel penelitian adalah siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta sejumlah 450 siswa yang dipilih secara simple random. Uji statistik penelitian menggunakan independet t-test dan anova one-way test. Hasil penelitian ditemukan bahwa bahwa 76.2% responden mengaku pernah berpacaran, usia pertama kali berpacaran sebesar 48.7% di usia lebih dari 15 tahun, dan frekuensi berpacaran sebesar 33.1% pada frekuensi 2-3 kali berpacaran. Terdapat hubungan yang signifikan antara riwayat berpacaran, usia pertama kali berpacaran, dan frekuensi berpacaran dengan kepercayaan diri remaja dalam menjauhi perilaku seks bebas dengan nilai p-value 0.000. Kesimpulan penelitian ini adalah remaja yang tidak berpacaran memiliki kepercayaan diri menjauhi perilaku seks bebas lebih baik daripada remaja yang berpacaran, sehingga perlu adanya program peningkatan kepercayaan diri remaja untuk menghindari perilaku seks bebas yang bisa berupa kegiatan pendidikan kesehatan, konseling atau program lain yang terkait kesehatan reproduksi remaja.

 

Kata Kunci : kepercayaan diri, pacaran, remaja, seks bebas, 


Full Text:

Muflih_JIKI


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v1i1.135

Article Metrics

Abstract - 790 Muflih_JIKI - 1878

DOI (Muflih_JIKI): http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v1i1.135.g190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia (JIKI)

JIKI: Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.

View My Stats




Office : Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan I/ 33, Cikokol Kota Tangerang Provinsi Banten Indonesia 15118