PENGARUH ORAL HYGIENE PADA TINGKAT KEJADIAN VENTILATOR ASSOCIATED PNEMONIA (VAP) PADA PASIEN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU)

Lifani Ogi Restu Pangastuti

Abstract


Pasien yang mendapatkan perawatan di ruang Intensive Care Unit atau ICU memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan dengan pasien yang lain. Terutama pada pasien yang mendapatkan pemasangan ventilator mekanik, pada 48 sampai 72 jam pertama pasien akan memiliki resiko terjadinya Ventilator Assosiated Pneumonia atau VAP. VAP merupakan pneumonia infeksi nosokomial, untuk mencegah terjadinya VAP dekomtaminasi oral atau oral hygiene merupakan tindakan pencegahan infeksi dengan pemberian antiseptic oral baik menggunakan larutan kimia ataupun alami. Berdasarkan masalah tersebut penulis tertarik untuk mereview beberapa jurnal mengenai pengaruh oral hygiene terhadap tingkat kejadian VAP di ruang ICU. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi literature review. Penelusuran database melalui Pubmed, Science Direct, Elsevier, Jama, dan Google Scholar. Berdasarkan hasil analisis artikel yang telah disesuaikan dengan kriteria inklusi fan kriteria ekslusi terdapat 5 jurnal artikel yang memenuhi kriteria yang sudah ditentukan. Perawatan mulut atau oral hygiene dapat dilakukan kepada pasien yang terpasang ventilator mekanik yang bertujuan untuk meminimalkan resiko terjadinya VAP. Intervensi ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi resiko VAP, larutan yang digunakan seperti Hexadol Gargle, Klorheksidin 0,2% dan Povidone Iodine 1% dan ada juga yang menggunakan bahan alami seperti Miswak yang terbuat dari pohon salvadora persica yang juga memiliki efek antibakteri dan antiseptik.

Kata Kunci: Oral Hygiene; Ventilator Assosiated Pneumonia; Ventilator Mekanik; ICU


Full Text:

Pangastuti_PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v5i2.2969

Article Metrics

Abstract - 1043 Pangastuti_PDF - 3617

DOI (Pangastuti_PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v5i2.2969.g3525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia [JIKI]

JIKI: Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.

View My Stats




Office : Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan I/ 33, Cikokol Kota Tangerang Provinsi Banten Indonesia 15118