PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RS X JAKARTA TIMUR TAHUN 2021

Adventus Adventus MR. Lumban batu

Abstract


Abstrak

Latar Belakang: Pelayanan prima (service excellent) adalah pelayanan yang sangat baik atau terbaik kepada pasien berdasarkan standar mutu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien sehingga pasien dapat memperoleh kepuasan. Kepuasan merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dibandingkan dengan harapan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pasien rawat inap di RS X Jakarta Timur.

Metodologi Penelitian : Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain penelitian Post-Test Only Design. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 pasien dengan teknik Simple Random Sampling.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan responden yang merasa puas terhadap penerapan pelayanan prima sebanyak 88%,  dengan karakterisitik responden pada usia dewasa (89%), jenis kelamin perempuan (89%) dan tingkat pendidikan tinggi (94%). Hasil uji statistik chi-square dengan significancy 0.000 (p <0.05), hal ini menunjukkan ada pengaruh penerapan pelayanan prima terhadap kepuasan pasien.

Kesimpulan: Penelitian ini merekomendasikan agar dalam memberikan pelayanan kesehatan perawat maupun petugas pelayanan kesehaatan diharapkan menerapkan pelayanan prima agar dapat mewujudkan pelayanan yang berkualitas dan memebrikan rasa puas kepada pasien.

 

Kata kunci: Pelayana Prima, Kepuasan Pasien, Perawat

Full Text:

Adventius_PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amin, M. & Nasharuddin, S. Z. (2013). Hospital Service Quality and Its Effects On Patient Satisfaction and Behavioural Intention. Clinical Governance: An International Journal Vol. 18 No. 3.

Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Cahyono, U. 2012. Kajian Mutu Pelayanan Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada Yang Telah Lulus Akreditasi Ditinjau Dari Kriteria Malcolm Baldrige. Universitas Indonesia.

Daryanto, S. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media, Yogyakarta.

Dewi, R. S., dkk. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Islam Kota Magelang.

Hadiyati, I., Sekarwana, N., Sunjaya, D.K., Setiawati, E.P. 2017. Konsep Kualitas Pelayanan Kesehatan berdasar atas Ekspektasi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional.

Herlambang, S. 2016. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing 18.

Herlambang, S., Murwani, A. 2012. Cara Mudah Memahami Manajemen Kesehatan dan Rumah Sakit. Gosyen Publishing, Yogyakarta.

Hidayat, A. A. (2009). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Kelana, M.T. 2015. Pengaruh Penerapan Pelayanan Prima (Service Excellence) Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Kota Pontianak. Jurnal ProNers 3

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta Selatan, Indonesia: Penerbit Salemba Medika.

Oroh, E. Merryani, Rompas, S. & Pondaag, L. (2014). Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Ruang Interna RSUD Noongan. Diperoleh dari ejournal.unsrat.ac.id/ diakses tanggal 24 Mei 2015.

Perwita, (20200. Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung.

Rahayu, Sri. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Instalasi Rawat Jalan RS Al-Islam Bandung. Tesis, Universitas Islam Bandung, Bandung.

Saleha & Satrianegara. (2009). Buku Ajar Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan serta Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika

Santoso, Semiaji. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Pada Rs. Roemani Muhammadiyah Semarang.

Silvia. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Rawat Jalan Penyakit Dalam Rsud Dr. Djoelham Binjai

Silvia. (2018).Pelayanan Prima Dan Kepuasan Pelanggan Di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar II

Sukesi, Niken. (2013). Upaya Peningkatan Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RS Permata Medika Semarang.

Supardi & Rustika. (2013). Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta : Trans Info Media.

Susilo. (2014). Statistika & Aplikasi untuk Penelitian Ilmu Kesehatan. Trans info Media : Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013. Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Undang-undnag RI no 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan

Wahyuningsih. (2018). Penerapan Kualitas Pelayanan Prima Pada Kantor Walikota Padang Bagian Kesejahteraan Rakyat (KESRA).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v5i2.5991

Article Metrics

Abstract - 652 Adventius_PDF - 337

DOI (Adventius_PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v5i2.5991.g3524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (JIKI)

JIKI: Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.

View My Stats




Office : Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan I/ 33, Cikokol Kota Tangerang Provinsi Banten Indonesia 15118