Terapi Non-Farmakologi dalam Mengurangi Tingkat Nyeri pada Pasien Kanker Payudara Stadium 2-4: Literature Review

Ilham Fajri, Donny Nurhamsyah, Salsa Aisyah, Kunni Alifatul Mudrikah, Atiq Rizka Azjurnia

Abstract


Terapi non-farmakologi merupakan terapi pengobatan tanpa menggunakan obat-obatan. Non-farmakologi yang dapat diterapkan salah satunya adalah terapi komplementer. Terapi komplementer non-farmakologi yaitu dapat berupa terapi pikiran tubuh (relaksasi progresif, meditasi, imajinasi, terapi musik, humor, tertawa, dan aromaterapi). Tujuan literature review ini adalah untuk mengetahui terapi non-farmakologi apa saja yang dapat digunakan untuk manajemen nyeri pada pasien dengan kanker payudara stadium 2 sampai dengan 4. Metode yang digunakan adalah studi literature review. Teknik pencarian menggunakan electronic data base, yaitu pencarian jurnal menggunakan Pubmed, Sciencedirect dan Google Scholar dengan kata kunci “Breast Cancer Patient, Breast Neoplasms Patient, Complementary Therapies”. Artikel yang digunakan berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi adalah 10 artikel. Penelitian ini mengambil artikel yang digunakan dari tahun 2016-2021. Analisis dari tinjauan pustaka menjelaskan bahwa intervensi non farmakologi efektif dan diperlukan oleh pasien kanker payudara dalam mengurangi tingkat nyeri. Intervensi non farmakologi untuk mengurangi nyeri pada pasien kanker payudara terdiri dari: Guided Imagery, Terapi Musik Dan Art Therapy, pemberian Aromaterapi Essential Oil Rose, Exercise on Pain and Functional, Kompres Daun Kubis (Brassica oleracea var. capitata), Virtual Reality as a Distraction Technique, Progressive Muscle Relaxation (PMR), Physical Exercise, Hand Massage, dan Aromatherapy Plus Music Therapy.

Full Text:

Nurhmasyah.PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v5i2.6139

Article Metrics

Abstract - 15346 Nurhmasyah.PDF - 11585

DOI (Nurhmasyah.PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v5i2.6139.g3322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (JIKI)

JIKI: Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.

View My Stats




Office : Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan I/ 33, Cikokol Kota Tangerang Provinsi Banten Indonesia 15118