PENERAPAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DALAM PERMAINAN ULAR TANGGA

Fahrul Razi, Shevti Arbekti Arman, Widi hastomo

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah berkembang dengan sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengguna internet. Teknologi Virtual Reality Mobile pada era saat ini dapat diimplementasikan ke berbagai bidang pada kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah bidang permainan anak–anak. Virtual Reality pada Game membuat permainan menjadi lebih menarik dan interaktif. Permainan yang dapat dimainkan salah satunya yaitu permainan ular tangga yang mana permainan ini sudah jarang dimainkan pada saat ini. Game ular tangga adalah game yang dirancang dengan menerapkan Virtual Teknologi realitas yang akan mempermudah dan memaksimalkan ke seruan saat bermain Game Ular Tangga. Game ini di rancangan dengan menggunakan engine (pemrograman game) Unity 3D. Dengan memadukan teknologi virtual reality dan permainan ular tangga dapat meningkatkan minat anak–anak untuk memainkannya. Hasil yang didapat dari perancangan dan pembangunan ini adalah suatu Game ular tangga yang berbasis Virtual Reality (VR). Dimana dengan adanya permainan ini anak–anak dapat bermain sekaligus belajar tentang teknologi Virtual Reality yang didapatkan dari informasi yang disediakan dalam area permainan.

Full Text:

PDF

References


Akhsani, R. (2020). Pengembangan dino park 3D berbasis virtual reality menggunakan google Vr Sdk. Jurnal Informatika Polinema, 6(4), 47-54.

Ariessanti, H. D., Purwaningtyas, D. A., Soeparno, H., & Napitupulu, T. A. (2020). Adaptasi Strategi Gamifikasi Dalam Permainan Ular Tangga Online Sebagai Media Edukasi Covid-19. E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 9(2), 174-187.

Asikin, N., Nevrita, N., & Alpindo, O. (2019). Pelatihan pemanfaatan media pembelajaran berbasis virtual reality untuk guru-guru IPA kota Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 1(2), 71-76.

Gabriela, N. D. P., & Anugraheni, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran GURICA (Game Edukasi Ular Tangga Operasi Hitung Pecahan) di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(8), 292-301.

Helmie, J., Nurviyani, V., Ristiani, I., Taufik, M. S., & Mulyana, A. (2022). Pelatihan Implementasi Virtual Reality (VR) Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru-Guru Sd Di Kec. Cipanas. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(1), 34-40.

Ismara, K. I., Saputri, I. S., Asnawi, R., Priyanto, E., & Mubarok, S. A. (2023), Virtual Reality Bengkel Kerja. Yogyakarta: CV Bintang Semesta Media.

Prasmadani, S. O., Utomo, S. W., & Nur, N. W. S. (2021). Media Fun Accounting Berbasis Ular Tangga Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Akuntansi Jurnal Khusus. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 8(2), 254-269.

Saurik, H. T. T., Purwanto, D. D., & Hadikusuma, J. I. (2019). Teknologi virtual reality untuk media informasi kampus. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(1), 71.

Setyawan, M. D., El Hakim, L., & Aziz, T. A. (2023). Kajian Peran Virtual Reality (VR) Untuk Membangun Kemampuan Dialogis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 122-131.

Siahaan, M., Oktaviani, K., & Julia, J. (2021). Immersive Learning Experience pada Pembelajaran Daring dengan Penggunaan Virtual Reality. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 6(1), 13-20.

Simanjuntak, M. M. P., Afirianto, T., & Wardhono, W. S. (2019). Pengembangan Board Game Edukasi Dengan Teknologi Augmented Reality (Studi Kasus Permainan Ular Tangga). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(3), 2425-2435.

Siregar, R. M. P., & Sudarmilah, E. (2019). Rancang bangun virtual reality educational game penanggulangan sampah berbasis android untuk anak usia sekolah dasar. JUITA: Jurnal Informatika, 7(1), 49-54.

Sugiarni, R., Inayah, S., Herman, T., Juandi, D., Pahmi, S., Supriyadi, E., ... & Fauzi, A. L. (2022). Sosialisasi Penggunaan Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality dalam Pembelajaran untuk Menyongsong Era Metaverse. Jurnal Abdi Nusa, 2(3), 134-140.

Sukmawati, F., Santosa, E. B., & Rejekiningsih, T., Suharno. (2022), Pembelajaran menyennangkan dengan Virtual Reality. Sukoharjo: Pradina Pustaka Group.

Triatmaja, A. K., Muchlas, M., & Wardana, Y. (2021). Virtual laboratorium teknik digital berbasis mobile virtual reality. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 1-13.

Yudhanto, Y., & Hutabarat, J. A (2021) Panduan Dasar Virtual Reality (VR). Surakarta: Indotama.

Yudiyanto, M., Arifillah, M. J., Ramdani, P., & Masripah, I. (2022). Penerapan Permainan Ular Tangga Sebagai Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA. MURABBI, 1(1), 1-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v8i3.11861

Article Metrics

Abstract - 466 PDF - 359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEX BY :