PROTOTIPE PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ILEARNING PADA STKIP ARRAMANIYAH TANGERANG

Nora Fitriawati, Arief Herdiansah

Abstract


Pembelajaran yang efektif merupakan harapan bagi semua instansi pendidikan tidak terkecuali bagi STKIP Arramaniyah  sebagai salah satu pelopor pendidikan  yang bertanggung  jawab untuk untuk menjadi Guru yang berkualitas dan mengerti teknologi informasi. iLearning adalah suatu suatu sistem pembelajaran terpadu yang diterapkan untuk membentuk pendidikan agar menjadi lebih baik dan berkualitas. Penggunaan ilearning banyak memberikan kelebihan namun ada masalah yang belum terselesaikan dan menyebabkan dosen kesulitan untuk mendapatkan informasi tentang mahasiswa dalam pembelajaran iLearning. Oleh karena itu dikembangkan alat monitoring untuk menganalisis interaksi mahasiswa dalam perkuliahan,  melalui Dashbord Business Intelligence dan teknologi Online Analytical Processing (OLAP.) B dalam pembelajaran iLearning dapat menyajikan study kasus tentang bagaimana menerapan teknologi dalam  database sistem iLearning.

 

Kata Kunci : Dashboard, Online Analytical Processing (OLAP.), iLearning.


References


Andri, Muhammad. 2008. Utilization of Information Technology in the Development of Learning Media. Teknik Elektro, Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Henderi, Muhamad Yusup, Yulika Ayu Rantama (2013), Penggunaan Metode iLearning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Tangerang, STMIK Raharja, CCIT.

IEC (2000), International Standard ISO/IEC 9126-1 Information Technology –

Software Product Quality.

Kementrian Pendidikan RI. 1983. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdikbud, 1983), Cet, 2, hal.179.

Mohammad Hassan Falakmasir Shahrouz Moaven Hassan, Abolhassan, (2011) BI in E-Learning, International Journal of Human-Computer Studies, vol. 65, no. 2, pp. 125–149, 201

Pressman, S, Roger., (2010), Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7th edition. New York, The McGraw-Hill Company.

Rahardja Untung, (2011) “Definisi iLearning”. Raharja Enrichment Centre (REC). Tangerang.

Rahardja Untung, Dewi Immaniar, (2014). iLearning Metode Efektif Untuk Sekolah Tinggi. Jurnal Perguruan Tinggi Rahaja ISSN: 1978 - 8282Vol.7 No.3 - Mei 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v3i1.2044

Article Metrics

Abstract - 315 PDF (Bahasa Indonesia) - 342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

CURRENT INDEXING