SISTEM INFORMASI KOPERASI SIMPAN PINJAM STUDI KASUS KOPERASI KODANUA SERANG

Arief Herdiansah, Tuti Handayani, Nofitri Hariyani, Tomi Nugroho

Abstract


Koperasi merupakan salah satu usaha yang mengedepankan kepentingan anggota dan mempunyai badan hukum seperti yang diatur dalam UU No 25 Tahun 1992. Dalam menjalankan usaha, koperasi terdiri dari pengurus dan pengawas yang dipilih dalam Rapat Anggota. Salah satu usaha yang dijalankan adalah simpan pinjam. Sebagaimana diatur dalam UU Koperasi, prinsip dasar simpan pinjam yang dijalankan koperasi adalah bersifat terbuka dan sukarela, dikelola secara mandiri dengan cara yang demokratis dimana keuntungan Sisa Hasil Usaha (SHU) simpan pinjam koperasi dalam bentuk dibagi secara adil sesuai kesepakatan pada rapat anggota koperasi. Sistem informasi simpan pinjam dikembangkan dengan analisis analisis SIPOC (Supplier – Inputs –Process – Outputs – Customer), pengembang sistem metode waterfall, bahasa pemrograman JAVA dan database MySQL. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pengurus koperasi mengelola unit usaha simpan pinjam dan dapat memberikan laporan transaksi simpan pinjam dengan cepat dan akurat.

Full Text:

PDF

References


Dani Anggoro, Muhamad David Umar, Ekalucy Vinanty, Donny Dananjaya. 2015. Rancangan Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Guru dan Pegawai pada Koperasi SMK Manggala Tangerang. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Dhika, Isnaini Dan Tofan. 2019. Manajemen Villa Menggunakan Java Netbeans Dan Mysql. Jurnal IKRA-ITH Informatika Vol 3 No 2 Juli 2019. Universitas Persada Indonesia - YAI Jakarta.

Dui Astuti, Joni Devitra. 2017. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam pada Koperasi Pegawai Negeri IAIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi Vo.2 No.2. 2017. STIKOM Dinamika Bangsa Jambi.

Muhamad Fuad. 2015. Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam pada Koperasi “Kopitama” Depok. UG Jurnal Vo.9 No.05. 2015. Universitas Gunadarma Depok.

Mulyadi, 2010. Sistem Akuntansi. Jakarta, Salemba Empat.

Pressman, S.R, 2015, Rekayasa Perangkat Lunak–Pendekatan Praktisi Buku I, Yogyakarta, Andi.

Sutabri, Tata, 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta, Andi.

S, Shalahudin, 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v4i1.2294

Article Metrics

Abstract - 1596 PDF - 1126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

CURRENT INDEXING