Rule Based Expert System untuk Program Latihan Fitness

Hardiman Nugroho, Ani Yoraeni

Abstract


Abstrak

Fitness merupakan kegiatan olahraga yang dapat dilakukan kalangan muda sampai tua. Setiap orang memiliki tujuan masing-masing dalam melakukan latihan fitness. Tetapi, tidak setiap orang dapat mengetahui cara yang benar dalam mencapai tujuan itu. Terdapat dua cara yang umumnya  dilakukan untuk memperoleh informasi tersebut, cara pertama yaitu dengan melakukan pembelajaran secara otodidak dimana hal ini akan memakan waktu dan seringkali tidak membuahkan hasil yang maksimal, cara kedua yaitu menggunakan jasa pelatih pribadi. Cara terbaik untuk mendapatkan program latihan yang sesuai adalah dengan menggunakan jasa pelatih pribadi tetapi cara ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu perlu adanya suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk membuat program latihan fitness layaknya seorang pelatih pribadi. Melihat dari masalah yang dihadapi para pemula dalam olahraga kebugaran tersebut maka dibuatlah sistem pakar program latihan fitness berbasis web agar bisa digunakan oleh masyarakat luas melalui suatu aplikasi web. Aplikasi yang dibangun merupakan sebuah sistem pakar berbasis aturan dengan mesin penalaran Forward chaining, menggunakan Waterfall sebagai metode pengembangan aplikasinya dan pengujian dengan metode blackbox. Dengan adanya sistem ini, diharapkan dapat menghasilkan solusi berupa informasi mengenai program latihan fitness yang tepat tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

 

Kata kunci: Sistem pakar, Fitness, Forward Chaining.


Full Text:

PDF

References


Grosan, C., & Abraham, J. (2011). Intelligent System. Springer.

Hayadi, B. H. (2016). Sistem Pakar. Deepublish.

Novianti, D. (2019). Implementasi Algoritma Naïve Bayes Pada Data Set Hepatitis Menggunakan Rapid Miner. Paradigma: Jurnal Komputer Dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika, XXI(1), 49–54. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/view/4979/pdf

Örücü, S., & Selek, M. (2020). Design and validation of rule-based expert system by using kinect V2 for real-time athlete support. Applied Sciences (Switzerland), 10(2). https://doi.org/10.3390/app10020611

Palar, C. M., Wongkar, D., & Ticoalu, S. H. R. (2015). Manfaat Latihan Olahraga Aerobik Terhadap Kebugaran Fisik Manusia. Jurnal E-Biomedik, 3(1). https://doi.org/10.35790/ebm.3.1.2015.7127

Prabowo, A. B. (2014). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Berbasis Web. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 2(1), 1–5.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak – Pendekatan Praktisi. Andi.

Saryoko, A., & Putri, Y. A. (2016). Penerapan Metode Inferensi Forward Chaining Dalam Mendiagnosa Penyakit Kulit Pada Kucing. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XII(1), 91–101.

Sutanto, J. J., Winata, H., Gunardi, S., Arjuna, J., Nomo, U., & Koresponden, A. (2017). Artikel Penelitian Gambaran Keluhan Muskuloskeletal pada Latihan Beban di Pusat Kebugaran Body Fitness 2017 Musculoskeletal Pain on Weight Training at Fitness Center 2017.

Tan, C. F., Wahidin, L. S., Khalil, S. N., Tamaldin, N., Hu, J., & Rauterberg, G. W. M. (2016). The application of expert system: A review of research and applications. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 11(4), 2448–2453.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v6i2.5084

Article Metrics

Abstract - 1030 PDF - 718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING