OPTIMALISASI INTEGRITAS DIRI MELALUI TERAPI KELOMPOK TERAUPETIK LANSIA: STUDI KASUS

Eriyono Budi Wijoyo, Novy H.C Daulima

Abstract


Latar Belakang: Lansia adalah individu yang berumur diatas 65 tahun dan merupakan proses akhir dalam kehidupan manusia. Perubahan masih dapat terjadi pada usia ini yaitu perubahan psikososial. Menurut teori Erikson dengan perubahan psikososial ini maka dikategorikan pada tahap akhir atau tahap delapan yaitu memasuki tahap integritas diri dan keputusasaan pada lansia. Lansia yang sehat secara fisik dan psikologis dan mempunyai integritas diri maka akan memunculkan perilaku yang adaptif dan normal akan tetapi sebaliknya apabila lansia merasa putus asa maka akan memunculkan perilaku yang menyimpang. Tujuan: Tindakan keperawatan yang bisa dilakukan dengan melakukan adapatasi tersebut adalah dengan melakukan terapi baik individu atau kelompok yaitu terapi kelompok terapetik (TKT) sesuai dengan usia klien. Metode: Proses penulisan artikel ilmiah ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode deskriptif. Klien dalam kasus ini adalah lansia sehat yang siap untuk adapatasi dengan perubahan yang terjadi pada dirinya. Hasil: TKT lansia berjalan dengan baik dengan 6 sesi dengan 4 kali pertemuan dan dapat dilakukan pada lansia sehat agar sejahtera dan tenang dalam menghadapi hidup ini.

Full Text:

PDF

References


Depkes RI. (2005). Pedoman Pembinaan Kesehatan Lansia Bagi Petugas Kesehatan I. Jakarta.

Fakultas Keperawatan Kekhususan Keperawatan Jiwa. Universitas Indonesia.(2016). Draft Scanning dan Standart Asuhan Keperawatan. (tidak dipublikasikan).

Fatimah. (2010). Merawat Manusia Lanjut Usia Suatu Pendekatan Proses Keperawatan Gerontik. Jakarta:CV.Trans Info Media.

Guslinda, Keliat & Widyastuti (2011). Pengaruh terapu kelompok Terapeutik Lansia Terhadap Kemampuan Adaptasi dan Perkembangan Integritas Diri Lansia di Kelurahan Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Padang. Diakses melalui http://lib.ui.ac.id

Holdsworth, G. J. W. A. M. M. (2014). Gizi dan Dietetika ( a Handbook of Nutrition and Dietetics) (2nd ed). Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Keliat, B. A., Helena, N., & Farida, P. (2011). Manajemen keperawatan psikososial dan kader kesehatan jiwa: CMHN (ntermediate course). Jakarta: EGC.

Keliat, Anna Budi, Akemat, Novy Helena. 2007. Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas: CMHN (Basic Care). Jakarta: EGC.

Kementrian Kesehatan RI. (2013). Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.

Nugroho, W. (2008). Keperawatan Gerontik dan Geriatrik, Edisi 3. Jakarta: EGC.

Parker, D. W. (2013). The Relationship Between Ego Integrity and Death Attitudes in Older Adults. American Journal of Applied Psychology, 2(1), 7. https://doi.org/10.11648/j.ajap.20130201.12.

Potter, P.A, Perry, A.G. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik.Edisi 4.Volume 2. Jakarta:EGC.

Rahayu, S. (2016). Pengalaman Lansia Tinggal di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) dalam Menjalani Kehidupan Masa Tua Studi Fenomenologi. Tesis. Depok: Program Magister Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Ramdani. (2015). Kontribusi Kecerdasan Spiritual dan Dukungan Keluarga Terhadap Kepuasan Hidup Lansia Serta Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Kopasta, 2(Tidak dipublikasikan), 111–115.

Shrivastava, S. R., Shrivastava, P. S., & Ramasamy, J. (2013). Health-care of elderly: determinants, needs and services. Int J Prev Med, Oct; 4(10): 1224–1225.

Stuart, G. W. (2015). Principles and practice of psychiatric nursing 10th edition. Riverport Lane, St Louis, Missouri: Mosby Elsevier.

Tamher, S. & Noorkasiani. (2009). Kesehatan Usia Lanjut dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Townsend, M. C. (2013). Essentials Of Psychiatricc Mental Health Nursing. (3rd ed) Philadelphia : F. A. Davis Company.

Videbeck, S. L. (2011). Psychiatric-Mental Health Nursing. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.

WHO. 2016. Dementia. Diunduh dari http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs362/en/

Zakiyah, Z & Ibnu Hasan. 2015. Studi Religiusitas LAnsia Terhadap Perilaku Keagamaan pada Lansia Perumahan Tegal Sari Ledug Kembaran, Banyumas. Islamadina. Vol.XV, No. 2




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v5i2.3919

Article Metrics

Abstract - 4319 PDF - 5114

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v5i2.3919.g2113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal JKFT

Alamat Redaksi :

Jurnal JKFT

Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia

Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com




Jurnal JKFT a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.


Lihat Statistik Saya