DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT STRES PADA SISWA SMK KESEHATAN X

Shieva Nur Azizah Ahmad, Elly Purnamasari, Dini Dwi Suryani

Abstract


Stres merupakan fenomena psikofisik yang manusiawi. Stres yang paling umum dialami siswa merupakan stres dalam bidang akademik. Stres di bidang akademik memiliki dampak negatif yaitu terhadap kesehatan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tingkat stres pada siswa SMK Kesehatan X. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain studi penelitian analitik korelatif dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel random sampling. Sampel penelitian berjumlah 106 responden. Analisa data dengan Analisa Chi-Square. Hasil penelitian  menunjukkan sebesar 61,3% responden dengan kategori dukungan keluarga tinggi dan sebesar 38,7% responden dengan kategori dukungan keluarga rendah. Hasil tingkat stres dengan katogori rendah sebesar 51,9% responden dan tingkat stres dengan kategori tinggi sebesar 48,1% responden. Penelitian ini menunjukkan  terdapat hubungan yang positif antara dukungan keluarga dengan tingkat stres pada siswa SMK Kesehatan X dengan nilai p value = 0,000 ≤  0,05). Hal ini berarti dukungan keluarga memiliki peran dalam mengurangi stres pada siswa SMK Kesehatan X.  agar dapat menyelesaikan tahapan akademik. Penelitian ini diharapkan sebagai acuan dalam membina siswa dalam menghadapi permasalahan stress dalam belajar serta tidak adanya dukungan keluarga pada siswa sehingga siswa memiliki koping positif untuk berprestasi dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Al-Quran dan Terjemahan, 2017. (Madinah : Lembaga Percetakan Al-Quran Raja Fadh, 1418).

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaplin, J. P. 2011. Kamus lengkap psikologi. Diterjemahkan: Kartini Kartono. Jakarta: PT. Radjagrafindo Persada.

Crowford, J.C., & Henry, J. D. 2003. The Depression Anxiety Stress Scale (DASS): Normative data and latent structure in a-large non clinical sample. British Journal of Clinical Psycology. https://www.scribd.com/doc/64082867/Damanik-Indonesian-Translation-Kuesioner-DASS-42. Di akses pada hari kamis 14 Maret 2019.

Dharma, Kusuma K. 2013. Metodologi Penelitian Keperawatan (Pedoman Melaksanakan Dan Menerapkan Hasil Penelitian). Jakarta Timur: CV. Trans Info Media.

Elias, Habibah., Wong Siew Ping, Maria Chong Abdullah. 2011. Stress andacademic achievement among undergraduate students in university putramalaysia. Procedia-Social and Behavioral Science, (29), 646-655.

Erdiana, Yuyun. 2015. Dukungan Keluarga Dalam kunjungan Lansia Di posyandu lansia Di Desa Karanglo lor Kecamatan Sukerejo Kabupaten Ponorogo. KTI. Tidak diterbitkan ponorogo : Program studi D III Keperawatan Falkultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Gonzalez, F., Hernandez, G., & Torres, M. V. T. 2015. Relationships Between Academic Stress, Social Support, Optimism-Pessimism and Self Esteem in Colege Students. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, Vol. 13, No. 1, 111-130.

HME FT UNY. 2017. Pendidikan Kejuruan Dengan Kurikulum 2013. http://hmeft.student.uny.ac.id/2017/04/25/pendidikan-kejuruan-dengan-kurikulum-2013/ di akses hari minggu tanggal 10 Febuari 2019.

Infodatin. 2018. Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin%20reproduksi%20remaja-ed.pdf di akses hari minggu tanggal 10 Febuari 2019.

Jatmika, S. 2010.Genk Remaja, Anak Haram Sejarah ataukah Korban Globalisasi?, Yogyakarta: Kanisius.

Kadapatti, M. G. & Vijayalaxmi, A.H.M. 2012. Stressors of Academic Stress- A Study On Pre-University Students. Indian Journal Science. [Online]. Vol. 3 No.1.

Kemenkes. RI. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. http://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/materi_rakorpop_2018/Hasil%20Riskesdas%202018.pdf di akses hari rabu tanggal 27 Maret 2019.

Kinantie, O. A., Hernawaty,T., & Hidayati, N. O. 2012. Gambaran tingkat stres siswa SMAN 3 Bandung kelas XII mejelang ujian nasional 2012. Jurnal Fakultas Ilmu Keperawatan universitas Padjajaran. Vol.1 No.1.

Lilis, E & Diana, R. 2015. Dukungan Sosial Orang Tua Dan Stres Akademik Pada Siswa Smk Yang Menggunakan Kurikulum 2013. Volume4(4), 26-31.

Mappiare, A., Psikologi Remaja, Surabaya: Usaha Nasional, 2000.

Marlina. 2007. Dukungan Keluarga terhadap Pengontrolan Hipertensi pada Anggota Keluarga hang Lansia di Gampong Benteng Kecamatan Kota Sigli Nanggroe Aceh Darussalam. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan (JIKK) Vol. 1 No. 3.

Milton, C.L. 1999. Ethical Issues From Nursing Theoretical Perspectives. Nursing Science Quarterly, 12(1): 20-25.

Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2018. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Potter & Perry. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 4 volume 1.EGC. Jakarta.

Psychology Foundation of Australia. 2010. Depression anxiety stress scale. Available from: http://www.psy.unsw.edu.au/groups/dass. Di akses pada hari Rabu 24 Juli 2019.

R, Leni dan L, Jhonson. 2010. Keperawatan Keluraga. Plus Contoh Kasus Askep Keluarga. Nuha Medika : Jakarta.

Rahmawati, W. K. 2017. Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Menangani Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Indonesia. 2(1), 15-21.

Sabri, Luknis. 2014. Statistik Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Safaria, T., & Saputra, N. E. 2012. Manajemen emosi: sebuah panduan cerdas bagaimana mengelola emosi positif dalam hidup anda. Jakarta: BumiAksara.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. 2012. Health psychology: Biopsychosocial interaction 8th edition. Asia: John Wiley & Sons.

Sayekti, E. 2017. Efektifitas Teknik Self-Instruction dalam Mereduksi Stress Akademik pada Siswa Kelas XI MA YAROBI Kec. Grobogan, Kab. Grobogan Tahun 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga). Di akses pada hari Selasa 12 Febuari 2019.

Shahmohammadi. 2011. Students` coping with stress at hight school level particulary at 11th & 12th grade. Jurnal social and behavioral sciences. 30, pp. 395-401.

Setyowati, dkk. 2007. Asuhan Keperawatan Keluarga Konsep dan Aplikasi Kasus. Edisi revisi. Mitra Cendika : Yogjakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Taufik, T., Ifdil, I., & Ardi, Z. 2013. Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan.1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v6i1.5215

Article Metrics

Abstract - 1772 PDF - 1575

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v6i1.5215.g2828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal JKFT

Alamat Redaksi :

Jurnal JKFT

Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia

Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com




Jurnal JKFT a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.


Lihat Statistik Saya