DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT STRES PADA SISWA SMK KESEHATAN X
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Al-Quran dan Terjemahan, 2017. (Madinah : Lembaga Percetakan Al-Quran Raja Fadh, 1418).
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaplin, J. P. 2011. Kamus lengkap psikologi. Diterjemahkan: Kartini Kartono. Jakarta: PT. Radjagrafindo Persada.
Crowford, J.C., & Henry, J. D. 2003. The Depression Anxiety Stress Scale (DASS): Normative data and latent structure in a-large non clinical sample. British Journal of Clinical Psycology. https://www.scribd.com/doc/64082867/Damanik-Indonesian-Translation-Kuesioner-DASS-42. Di akses pada hari kamis 14 Maret 2019.
Dharma, Kusuma K. 2013. Metodologi Penelitian Keperawatan (Pedoman Melaksanakan Dan Menerapkan Hasil Penelitian). Jakarta Timur: CV. Trans Info Media.
Elias, Habibah., Wong Siew Ping, Maria Chong Abdullah. 2011. Stress andacademic achievement among undergraduate students in university putramalaysia. Procedia-Social and Behavioral Science, (29), 646-655.
Erdiana, Yuyun. 2015. Dukungan Keluarga Dalam kunjungan Lansia Di posyandu lansia Di Desa Karanglo lor Kecamatan Sukerejo Kabupaten Ponorogo. KTI. Tidak diterbitkan ponorogo : Program studi D III Keperawatan Falkultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Gonzalez, F., Hernandez, G., & Torres, M. V. T. 2015. Relationships Between Academic Stress, Social Support, Optimism-Pessimism and Self Esteem in Colege Students. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, Vol. 13, No. 1, 111-130.
HME FT UNY. 2017. Pendidikan Kejuruan Dengan Kurikulum 2013. http://hmeft.student.uny.ac.id/2017/04/25/pendidikan-kejuruan-dengan-kurikulum-2013/ di akses hari minggu tanggal 10 Febuari 2019.
Infodatin. 2018. Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin%20reproduksi%20remaja-ed.pdf di akses hari minggu tanggal 10 Febuari 2019.
Jatmika, S. 2010.Genk Remaja, Anak Haram Sejarah ataukah Korban Globalisasi?, Yogyakarta: Kanisius.
Kadapatti, M. G. & Vijayalaxmi, A.H.M. 2012. Stressors of Academic Stress- A Study On Pre-University Students. Indian Journal Science. [Online]. Vol. 3 No.1.
Kemenkes. RI. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. http://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/materi_rakorpop_2018/Hasil%20Riskesdas%202018.pdf di akses hari rabu tanggal 27 Maret 2019.
Kinantie, O. A., Hernawaty,T., & Hidayati, N. O. 2012. Gambaran tingkat stres siswa SMAN 3 Bandung kelas XII mejelang ujian nasional 2012. Jurnal Fakultas Ilmu Keperawatan universitas Padjajaran. Vol.1 No.1.
Lilis, E & Diana, R. 2015. Dukungan Sosial Orang Tua Dan Stres Akademik Pada Siswa Smk Yang Menggunakan Kurikulum 2013. Volume4(4), 26-31.
Mappiare, A., Psikologi Remaja, Surabaya: Usaha Nasional, 2000.
Marlina. 2007. Dukungan Keluarga terhadap Pengontrolan Hipertensi pada Anggota Keluarga hang Lansia di Gampong Benteng Kecamatan Kota Sigli Nanggroe Aceh Darussalam. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan (JIKK) Vol. 1 No. 3.
Milton, C.L. 1999. Ethical Issues From Nursing Theoretical Perspectives. Nursing Science Quarterly, 12(1): 20-25.
Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. 2018. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Potter & Perry. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 4 volume 1.EGC. Jakarta.
Psychology Foundation of Australia. 2010. Depression anxiety stress scale. Available from: http://www.psy.unsw.edu.au/groups/dass. Di akses pada hari Rabu 24 Juli 2019.
R, Leni dan L, Jhonson. 2010. Keperawatan Keluraga. Plus Contoh Kasus Askep Keluarga. Nuha Medika : Jakarta.
Rahmawati, W. K. 2017. Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Menangani Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Indonesia. 2(1), 15-21.
Sabri, Luknis. 2014. Statistik Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers.
Safaria, T., & Saputra, N. E. 2012. Manajemen emosi: sebuah panduan cerdas bagaimana mengelola emosi positif dalam hidup anda. Jakarta: BumiAksara.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. 2012. Health psychology: Biopsychosocial interaction 8th edition. Asia: John Wiley & Sons.
Sayekti, E. 2017. Efektifitas Teknik Self-Instruction dalam Mereduksi Stress Akademik pada Siswa Kelas XI MA YAROBI Kec. Grobogan, Kab. Grobogan Tahun 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga). Di akses pada hari Selasa 12 Febuari 2019.
Shahmohammadi. 2011. Students` coping with stress at hight school level particulary at 11th & 12th grade. Jurnal social and behavioral sciences. 30, pp. 395-401.
Setyowati, dkk. 2007. Asuhan Keperawatan Keluarga Konsep dan Aplikasi Kasus. Edisi revisi. Mitra Cendika : Yogjakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Taufik, T., Ifdil, I., & Ardi, Z. 2013. Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan.1(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v6i1.5215
Article Metrics
Abstract - 1772 PDF - 1575DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v6i1.5215.g2828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal JKFT
Alamat Redaksi : Jurnal JKFT Fakultas Ilmu KesehatanUniversitas Muhammadiyah TangerangJl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com