TANTANGAN MAHASISWA PERAWAT DALAM MENGHADAPI VIRTUAL LEARNING DI TENGAH WABAH PANDEMI COVID 19
Abstract
Pandemi covid-19 telah mengganggu perkuliahan secara konvensional. Pembelajaran tatap muka yang mengumpulkan banyak mahasiwa di dalam kelas ditinjau kurang efektif karena tidak dapat memutuskan mata rantai covid -19. Pembelajaran virtual (learning virtual) adalah salah satu alternatif mengatasi masalah tersebut dengan memakai Microsoft team, zoom, google classroom dan whats app. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisa gambaran tantangan mahasiswa perawat dalam menghadapi Virtual Learning pada masa pandemi Covid-19 di Prodi DIII Keperawatan Universitas Kristen Indonesia. Subjek penelitian adalah mahasiswa tingkat 1,2, dan 3. Data dikumpulkan dengan menyebarkan survei melalui Microsoft forms kepada 38 responden. Analisis data dilakukan dengan mengelompokkan data dari jawaban ya atau tidak. Hasil penelitian menunjukkan ada 26 responden (68%) menyetujui pembelajaran virtual sebagai usaha memutuskan mata rantai Covid-19, 35 responden (92%) merasakan banyaknya tantangan dalam menghadapi pembelajaran virtual dan ada 31 responden (82%) menyetujui pembelajaran virtual merupakan pilihan tepat untuk social distancing. Mahasiswa memiliki banyak tantangan dalam proses pembelajaran Virtual, seperti lemahnya jaringan internet dan keterbatasan media teknologi. Pembelajaran Virtual efektif karena dilakukan pembelajaran secara jarak jauh. Langkah strategis atau gagasan tertulis yaitu pemberian paket kuota internet secara gratis setiap bulan dan menganjurkan mahasiswa untuk menggunakan Wi-Fi kampus namun tetap menggunakan protokol kesehatan. Selain itu untuk meminimalisir ketidakpahaman mahasiswa dengan materi perkuliahan, dilakukannya pembelajaran secara virtual secara intens dengan media Google Teams, Zoom Meeting dan Microsoft Team.
Kata kunci: Covid-19, Virtual, Mahasiswa, Tantangan
Full Text:
PDFReferences
Albitar Septian Syarifudin. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5(1). 31-34.
Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111-119. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2).81- 89.
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. 10 (19). 18-26 https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002
He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online Is Education for the 21 st Century. Journal of Information Systems Education. 25 (2). 101-105
Melani Kartika Sari. (2020). Tingkat Stress Mahasiswa S1 Keperawatan Tingkat Satu Dalam menghadapi Wabah Covid 19 Dan Perkuliahan Daring Di Stikes Karya Husada Kediri. Jurnal Ilmiah Pamenang. 2 (1). 31-35
Oktafia Ika Handarani. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. 8(3). 496-503
Sadikin, A., Johari, A., & Suryani, L. (2020). Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis website dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 18-28. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.644
Salman Khan. (2012). The One World Schoolhouse. In Hachette Book Group.1 (10). 1-256. https://doi.org/10.1111/edth. 12072
Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008). What drives a successful eLearning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction. Computers and Education. ScienceDirect.50(2008).1183-1202. https://doi.org/10.1016Zj.compedu.2006.11.007
WHO, (2020). Points of entry and mass gatherings. Retrieved March 28, 2020, form. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus- 2019/technicalguidance/points-of-entry-and-mass-gatherings
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v6i2.5613
Article Metrics
Abstract - 701 PDF - 406DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v6i2.5613.g2882
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal JKFT
Alamat Redaksi : Jurnal JKFT Fakultas Ilmu KesehatanUniversitas Muhammadiyah TangerangJl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com