HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUP SITANALA TANGERANG

Roswita Hasan, Alpan Habibi, Shieva Nur Azizah Ahmad, Qotrun Nada Ramdhan

Abstract


Kinerja seorang perawat dapat dilihat dari mutu asuhan keperawatan yang diberikan pada pasien. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja seorang perawat antara lain faktor individu, faktor organisasi, dan faktor psikologis dimana salah satunya adalah motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rsup Sitanala Tangerang. Desain Penelitian yang digunakan dalam kajian literatur ini mengadaptasi pedoman Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan Crossectional. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling dengan sampel sebanyak 74 responden, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden memiliki motivasi tinggi 38 (51,4%) dan kinerja baik 39 responden (52,7%). Hasil uji statistik dengan menggunakan uji Chi-Square di dapatkan p-value = 0,005 (<α 0,05) yang berarti ada hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja perawat. Hal ini berarti motivasi kerja memiliki peran dalam meningkatkan kinerja perawat di Rumah Sakit.

Kata kunci: Kinerja perawat, Motivasi kerja


Full Text:

PDF

References


Alifuddin dan Mashur Razak, (2015). Kewirausahaan Teori dan Aplikasi, Strategi Membangun. Kerjasaan Bisnis, edisi revisi cetakan pertama, Penerbit : MagnaScript Publishing, Jakarta

Budiono, Sumirah Budi P. (2015). Konsep Dasar Keperawatan, Jakarta: Bumi Medika.

Cahyani Intan Dwi, Ida Wahyuni, Bina Kurniawan. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Kerja Pada Perawat Rumah Sakit Jiwa (Studi Pada Bangsal Kelas Iii Rsjd Dr.Amino Gondohutomo Provinsi Jawa Tengah), Semarang: Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Dagde Swi Imam. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Praya. ;. Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia: Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. 978-602-19568-4-7.

Dharma, Kelana Kusuma. (2011). Metodelogi Penelitian Keperawatan: Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans Info Medika.

Darmayanti, R. (2015). Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Perawat Rawat Inap Rumah Sakit Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak. Jurnal Proners.

Farida, U., Sri Hartono. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Ponorogo: Unmuh Ponorogo Press.

Isnainy Saadiah Ayu, Nugraha Andri. (2018). Pengaruh Reward Dan Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Dan Kinerja Perawat. Bandar Lampung : Holistik Jurnal Kesehatan, Volume 12, No.4.

Librianty, N. (2018). Hubungan Motivasi Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Di Uptd Kesehatan Tapung Kab. Kampar Tahun 2018. Kabupaten Kampar: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners.

Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : unit penerbit dan percetakan Sekolah Tinggi Ilmu ManajemenYKPN.

Mamik. (2015). Monograf perkembangan dan keunikan variable motivasi kinerja kepuasan. Sidoarjo: zifatama publisher.

Nursalam. 2015. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 5. Jakarta: Salemba Medika.

Nikolaus, N.( 2016). Manajemen Kinerja Keperawatan. Jakarta : EGC.

Ramadini Indri, Jasmita, Erni. (2015). Hubungan Motivasi Dengan Kinerja Perawat Pelaksana di Ruangan Rawat Inap Rsud Dr. Rasidin Padang. Padang: Universitas Andalas.

Tongo Tongo Mei Adrina, Joyce Lapian, A. Joy M. Rattu. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Kerja Perawat Di Unit Rawat Inap Rsud Tobelo Kabupaten Halmahera Utara. Tobelo Kabupaten Halmahera Utara: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi.

Udang Undang No.38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan.

Wandini Riska. (2016). Motivasi Kinerja Perawat Dalam Pelaksanaan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan. Lampung: Universitas Malahayati Bandar Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v6i2.5758

Article Metrics

Abstract - 1110 PDF - 891

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v6i2.5758.g2983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal JKFT

Alamat Redaksi :

Jurnal JKFT

Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia

Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com




Jurnal JKFT a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.


Lihat Statistik Saya