HUBUNGAN ANTARA KOMPLIKASI KEHAMILAN DAN RIWAYAT PERSALINAN DENGAN TINDAKAN SECTIO CAESAREA
Abstract
ABSTRAK
Sectio Caesarea adalah suatu persalinan buatan, dimana janin dilahirkan melalui suatu insisi pada dinding rahim dengan syarat rahim dalam keadaan utuh serta berat janin diatas 500 gram. Sectio caesarea umumnya dilakukan ketika proses persalinan normal melalui vagina tidak memungkinkan atau karena adanya indikasi medis maupun nonmedis. Tujuan dari penelitian ini adalah diperolehnya informasi tentang hubungan antara komplikasi kehamilan dan riwayat persalinan dengan kejadian Sectio caesarea di Rumah Sakit Fatimah Serang Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Analitik dengan pendekatan
Cross Sectional. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin di Rumah Sakit Fatimah Serang yang berjumlah 408 dengan kejadian Sectio caesarea sejumlah 219 kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat buku register pasien (Dokumen) periode bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat (52,2%) ibu bersalin memiliki komplikasi kehamilan, (54,2%) ibu bersalin dengan riwayat persalinan sectio caesarea. Adapun dari hasil penelitian uji statistik chi-square pada α < 0,05 seluruh variabel mempunyai faktor yang mempengaruhi hubungan yang bermakna dengan kejadian Sectio caesarea berdasarkan komplikasi kehamilan (P=0,000), riwayat persalinan (P=0,000). Diharapkan pihak instansi pelayanan kesehatan perlu mempertahankan pelayanan yang sudah berjalan dengan baik dan diperlukan evaluasi kembali agar tindakan Sectio caesarea dilakukan terhadap ibu dengan kasus yang sesuai untuk kebutuhan medisnya.
Daftar bacaan : 2011-2015
Kata kunci : Komplikasi Kehamilan,Riwayat persalinan
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aditama, Tjandra Yoga. 2003. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta : UI-Press
BPJS Kesehatan. 2015. Kepuasan Peserta BPJS. Diakses dari http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index/ kepuasan-peserta-BPJS-Kesehatan-capai-81, diunduh pada tanggal 15 Desember 2015.
Depkes. Program Indonesia Sehat Untuk atasi Masalah Kesehatan. Diakses dari http://www.depkes.go.id/articel/view/program-indonesia-sehat-utuk-atasi -masalah-kesehatan.html, diunduh tanggal 15 Desember 2015.
Elsera, Yessy. 2016. Prosedur Pelayanan Administrasi. Diakses dari http://yessyelseraaa.blogspot.co.id/2016/06/prosedur-pelayanan-administrasi-unit.html. Diunduh pada tanggal 20 Agustus 2016
Faozan, Nofianti. 2015. Prosedur Pelayanan Administrasi. Diakses dari http://nofiantifaozan.blogspot.co.id/2015/12/prosedur-pelayanan-administrasi-rumah_23.html. Diunduh pada tanggal 20 Agustus 2016
Hamizann. 2014. Manfaat Keuntungan BPJS Kesehatan. Diakses dari http://hamizann.blogspot.co.id/2014/manfaat-keuntungan-BPJS-kesehatan.html, diunduh tanggal 18 November 2015.
Hariyanto, S.Pd. 2012. Pengertian Pendidikan Menurut Ahli. Diakses dari http://belajarpsikologi.com/pengertian-pendidikan-menurut-ahli, diunduh tangal 4 Agustus 2016.
Kristianto, H. 2013. Pengertian Karakter secara umum. Diakses dari http://hengkikistiantoateng.blogspot.com/2016.
Nasir, dkk. 2011. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Nilasari, Adolfina. 2012. Pelayanan Pendaftaran. Diakses dari https://www.scribd.com/doc/88732287/pelayanan-pendaftaran. Diunduh pada tanggal 20 Agustus 2016.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi revisi. Jakarta : Rineka Cipta.
Pohan, Imbalo S, MPH, MHA, Dr. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta : EGC
Pohan, Imbalo S, MPH, MHA, Dr. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta : EGC
Pratiwi. 2014. Metode Sampling. http://wordpress.com. Diakses pada tanggal 9 Pebruari 2016.
Satrianegara, M.Fais,dkk. 2009. Organisasi dan Managemen Pelayanan Kesehatan serta Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika.
Supranto, J, Prof. M.A.APU. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Rineka Cipta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Service Managemen Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2, Yogyakarta : ANDI
Tobrono. 2013. Menghitung Besar Sample Penelitian. http://www.slide_share.net. Diakses pada tanggal 11 Pebruari 2016.
Tujuan BPJS dan Program Jaminan Sosial, 2014. Diakses dari http://kesehatanbpjs.blogspot.co.id/2014/11/tujuan-bpjs-dan-program-kaminan-sosial.html, diunduh tanggal 18 November 2015
Wiguna, Candra. Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat. 2015. http://contohdokumen.com, diunduh tanggal 15 Desember 2015.
Wikipedia. Pengertian Pelayanan Kebidanan. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Kebidanan. Diunduh pada tanggal 20 Agustus 2016
Yustisia, Tim Visi. 2014. Panduan Resmi Memperoleh Jaminan Sosial dari BPJS Kesehatan. Jakarta : Visimedia.
Yaslina, SKM.MARS. Resolusi dan Harapan Baru Pelayanan Kesehatan. 2015. http://www. Kompasiana.com/yaslina, diunduh tanggal 18 November 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v2i1.690
Article Metrics
Abstract - 2938 PDF - 6209DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v2i1.690.g466
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal JKFT
Alamat Redaksi : Jurnal JKFT Fakultas Ilmu KesehatanUniversitas Muhammadiyah TangerangJl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com