EVALUASI STANDAR KEMAMPUAN MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN METODOLOGI PENELITIAN PADA PROGRAM STUDI D-IV BIDAN PENDIDIK FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kesesuaian standar kemampuan mahasiswa terhadap pembelajaran yang telah dirancang pada mata kuliah Metodologi Penelitian di Program Studi D-IV Bidan Pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhamadiyah Tangerang yang tertuang dalam silabus dan yang diterapkan pada saat proses pembelajaran pada Tahun Akademik 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di Program Studi D-IV Bidan Pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Tangerang, bersifat evaluasi kualitatif dengan Model Evaluasi Goal Free Oriented. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Standar Evaluasi yang digunakan adalah Silabus Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya ketidaksesuaian pada kemampuan mahasiswa terhadap pembelajaran Mata Kuliah Metodologi Penelitian di Program Studi D-
IV Bidan Pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tangerang Tahun Akademik 2015/2016 dengan standar evaluasi yang telah ditetapkan. Dan menunjukkan bahwa beberapa perbaikan dalam sistem pembelajaran Metodologi Penelitian perlu untuk dilakukan.
Kata Kunci: evaluasi, standar kemampuan pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arif, Rahman. 2013. Memahami Ilmu
Pendidikan, Yogyakarta: CV. Aswaja
Pressindo.
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Prinsip, Teknik Dan Prosedur.
Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Bungin, B. 2007. Penelitian Kualitatif.
Prenada Media Group: Jakarta.
CIPP Model of Evaluation. (n.d.).
Retrieved September 10, 2014, from Wikipedia The Free Encyclopedia: http://en.wikipedia.org
Dimyati Mahmud, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Dept P dan K. Dirjen Perguruan Tinggi.
Endang Soenaryo, Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendidikan Sistem, Adicita Karya Nusa, Yogyakarta, 2000.
Izzati, Rosyida Rahma. 2014. Pengaruh Waktu Perkuliahan Dan Lingkungan Kelas Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Akuntansi Biaya 2 Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Komsiyah, Indah. 2012. Belajar Dan
Pembelajaran. Yogyakarta: Teras. Mirza Bashirudin Ahmad, dkk. 2013.
Model Evaluasi Kurikulum Goal Free Evaluation Model. Universitas Negeri Yogyakarta.
Moleong, Lexy j. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi revisi. Cetakan ke tiga puluh dua. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Mu h i b bi n, Sya h . 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nga l im Pu r wan t o, M. 2 0 12 . Prinsip- Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Ba n du n g: Remaja Rodakarya.
Prayitno, Elida. 2009. Motivasi Dalam
Belajar. Jakarta: Dept P dan K. Dirjen
Perguruan Tinggi.
Riyana, Cepi. 2012. Modul 6 Kurikulum Pembelajaran: Komponen-Komponen Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Santoso, N. 2015. Evaluasi Sistem Pembelajaran. Jakarta. Diakses dari http://santoson111.blogspot.co.id/20
/09/makalah-evaluasi-sistem
pembelajaran.html
Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, N., & Ibrahim. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar baru Algensindo.
Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian
Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tayibnapis, Farida. 2008. Evaluasi Program dan Instrument Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Trianto. 2010. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putu Utama.
Winataputra, Udin S. 2003. Srategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional
Yunanda. 2009. Evaluasi Hasil Dan Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada. Diunduh dari
https://www.scribd.com
/document/86615082/Tugas-1-
Evaluasi-Hasil-Dan-Proses- Pembelajaran
http://penalaran- unm.org/artikel/penelitian/132- metode-penelitian-kualitatif.html
http://sulfiana22.blogspot.co.id/2014/12/
pengertian-sistem-dalam- pembelajaran.html 2/16/16
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v2i1.695
Article Metrics
Abstract - 1173 PDF - 4379DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v2i1.695.g471
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal JKFT
Alamat Redaksi : Jurnal JKFT Fakultas Ilmu KesehatanUniversitas Muhammadiyah TangerangJl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com