EVALUASI STANDAR KEMAMPUAN MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN METODOLOGI PENELITIAN PADA PROGRAM STUDI D-IV BIDAN PENDIDIK FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Yayah Huliatunisa

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kesesuaian standar kemampuan mahasiswa terhadap pembelajaran yang telah dirancang pada mata kuliah Metodologi Penelitian di Program Studi D-IV Bidan Pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhamadiyah Tangerang yang tertuang dalam silabus dan yang diterapkan pada saat proses pembelajaran pada Tahun Akademik 2015/2016.

Penelitian ini dilakukan di Program Studi D-IV Bidan Pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Tangerang, bersifat evaluasi kualitatif dengan Model Evaluasi Goal Free Oriented. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Standar Evaluasi yang digunakan adalah Silabus Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif Miles dan Huberman.

Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya ketidaksesuaian pada kemampuan mahasiswa terhadap pembelajaran Mata Kuliah Metodologi Penelitian di Program Studi D-

IV Bidan Pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tangerang Tahun Akademik 2015/2016 dengan standar evaluasi yang telah ditetapkan. Dan menunjukkan bahwa beberapa perbaikan dalam sistem pembelajaran Metodologi Penelitian perlu untuk dilakukan.

 

Kata Kunci: evaluasi, standar kemampuan pembelajaran


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arif, Rahman. 2013. Memahami Ilmu

Pendidikan, Yogyakarta: CV. Aswaja

Pressindo.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Prinsip, Teknik Dan Prosedur.

Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bungin, B. 2007. Penelitian Kualitatif.

Prenada Media Group: Jakarta.

CIPP Model of Evaluation. (n.d.).

Retrieved September 10, 2014, from Wikipedia The Free Encyclopedia: http://en.wikipedia.org

Dimyati Mahmud, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Dept P dan K. Dirjen Perguruan Tinggi.

Endang Soenaryo, Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendidikan Sistem, Adicita Karya Nusa, Yogyakarta, 2000.

Izzati, Rosyida Rahma. 2014. Pengaruh Waktu Perkuliahan Dan Lingkungan Kelas Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Akuntansi Biaya 2 Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Komsiyah, Indah. 2012. Belajar Dan

Pembelajaran. Yogyakarta: Teras. Mirza Bashirudin Ahmad, dkk. 2013.

Model Evaluasi Kurikulum Goal Free Evaluation Model. Universitas Negeri Yogyakarta.

Moleong, Lexy j. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi revisi. Cetakan ke tiga puluh dua. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Mu h i b bi n, Sya h . 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nga l im Pu r wan t o, M. 2 0 12 . Prinsip- Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Ba n du n g: Remaja Rodakarya.

Prayitno, Elida. 2009. Motivasi Dalam

Belajar. Jakarta: Dept P dan K. Dirjen

Perguruan Tinggi.

Riyana, Cepi. 2012. Modul 6 Kurikulum Pembelajaran: Komponen-Komponen Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Santoso, N. 2015. Evaluasi Sistem Pembelajaran. Jakarta. Diakses dari http://santoson111.blogspot.co.id/20

/09/makalah-evaluasi-sistem

pembelajaran.html

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, N., & Ibrahim. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar baru Algensindo.

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian

Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tayibnapis, Farida. 2008. Evaluasi Program dan Instrument Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Trianto. 2010. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putu Utama.

Winataputra, Udin S. 2003. Srategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional

Yunanda. 2009. Evaluasi Hasil Dan Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada. Diunduh dari

https://www.scribd.com

/document/86615082/Tugas-1-

Evaluasi-Hasil-Dan-Proses- Pembelajaran

http://penalaran- unm.org/artikel/penelitian/132- metode-penelitian-kualitatif.html

http://sulfiana22.blogspot.co.id/2014/12/

pengertian-sistem-dalam- pembelajaran.html 2/16/16




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v2i1.695

Article Metrics

Abstract - 957 PDF - 3982

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v2i1.695.g471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal JKFT

Alamat Redaksi :

Jurnal JKFT

Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia

Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com




Jurnal JKFT a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.


Lihat Statistik Saya