Pandangan Islam Menggunakan Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran Produk Bank Syariah
Abstract
Abstract
Basically, marketing is a method used to invite or recommend a buyer of goods or services offered by a seller. Therefore, sellers implement various marketing ideas and innovations, for example on social media.
Prophet Muhammad SAW taught his followers to use the Islamic marketing system. However, the marketing system that is applied and commonly used is the traditional marketing system. This is a challenge for us to be able to strengthen and spread Islamic marketing techniques, namely marketing techniques that are in accordance with sharia principles and Islamic religious beliefs.
Abstrak
Pada dasarnya pemasaran adalah suatu cara yang digunakan untuk mengajak atau merekomendasikan seorang pembeli barang atau jasa yang ditawarkan oleh seorang penjual. Oleh karena itu, para penjual menerapkan berbagai ide dan inovasi pemasaran, misalnya di media sosial.
Nabi Muhammad SAW mengajarkan pengikutnya untuk menggunakan sistem pemasaran Islam. Namun, sistem pemasaran yang diterapkan dan umum digunakan adalah sistem pemasaran tradisional. Hal ini menjadi tantangan bagi kami agar dapat memperkuat dan menyebarkan teknik pemasaran yang islami, yaitu teknik pemasaran yang sesuai dengan prinsip syariah dan keyakinan agama Islam.
Full Text:
PDFReferences
Kertajaya, Hermawan. 2005. Spiritual Marketing. Bandung: Mizan.
Kotler, Philip dan AB. Santoso. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia.
Jakarta: Salemba Empat.
Kasmir. 2005.Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.
Fathoni, M. A. (2018). Konsep Pemasaran dalam Perspektif Islam. 132.
Kotler, Philip. 1994. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Kotler, P. (1988). Marketing Jilid 2. Erlangga.
Al Arif, Nur Rianto. Dasar- Dasar Pemasaran Bank Syariah.2010. Bandung : Alfabeta.
Kartajaya, Hermawan, Muhammad Syakir Sula. 2005.Syariah Marketing. Tangerang: Kholam Publishing.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,(2008). (diakses 26 Oktober pukul 13.00)
Bank Indonesia‚Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah‛, dalam http:// www. Hukum online .com UU/21/08 perbankan syariah.pdf (diakses 26 Oktober 2022 pukul 19.00)
Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran. CV Andi Offset.
Fandi Tjiptono, Pemasaran Jasa, Yogyakarta: PrenticeHall International, 1993
Kotler, Philip, dan Karta Jaya ,Marketing bergerak dari tradisional ke digital, (PT.Gramedia Pustaka Utama, 2017)
M.syafi’I Antonio dan Karnaen Perwata Atmadja, Apa dan Bagaimana Bank Islam (Yogyakarta :Dana Bhakti Wakaf,1997)
APJII. (2022). Pertumbuhan Pengguna Media Sosial di Indonesia. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (diakses 27 Oktober 2022 pukul 09.00)
Abdul Muiz, Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam, http://abdulmuiz18.blogspot.co.id/2012/03/800x600-normal-0false-false-false-in-x_18.html . (diakses 27 Oktober 2022 pukul 09.12)
Ahmad, M., Business Ethics In Islam, IIIT, Islamabad, 1995.
Arifin, Johan, Etika Bisnis Islami (Semarang: Walisongo Press, 2009)
Ahmad, Mustaq. Etika Bisnis dalam Islam. 2001.Jakarta: Pustaka Al Kautsar.
Muali, Chusnul, Khoirun Nisa. 2019. Pemasaran Syariah Berbantauan Media Sosial : Kontestasi Strategis Peningkatan Daya Jual. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, Volume 5, 2019.
Idi Subandy Ibrahim, Sirmaya Komunikasi Empatik: Krisis Budaya Komunikasi dalam Masyarakat Kontemporer (Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2004), h. 29.
Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya (Jakarta: Sinergi Pustaka Indonesia, 2012)
Penggunaan Sosial Media untuk Bisnis Online dalam Perspektif Islam : https://www.kompasiana.com/sulvieka/5a706cc05e137367082e8a22/penggunaan-sosial-media-untuk-bisnis-online-dalam-perspektif-islam?page=2 (diakses 28 Oktober 2022 pukul 11.03)
Haram dan Dilarang Dilakukan di Medsos Menurut MUI : https://www.kominfo.go.id/content/detail/9824/haram-dan-dilarang-dilakukan-di-medsos-menurut-mui/0/sorotan_media (diakses 28 Oktober 2022 pukul 11.07)
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jmb.v12i1.7394
Article Metrics
Abstract - 1469 PDF - 552DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jmb.v12i1.7394.g4082
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.